Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

841 Wisata Jatim Buka di Libur Lebaran, Disbudpar Sarankan Wisata Lokal yang Aman dengan Prokes

Pemprov Jatim memastikan, bahwa sejumlah destinasi wisata di Jatim akan tetap buka pada momen libur lebaran.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarta. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memastikan, bahwa sejumlah destinasi wisata di Jatim akan tetap buka pada momen libur lebaran. Setidaknya, ada sebanyak 841 destinasi wisata yang tetap buka di libur lebaran 2021.

Yang terdiri dari 325 destinasi wisata alam, dan 152 destinasi wisata budaya, serta 319 destinasi wisata buatan dan juga 45 desa wisata.

Meski begitu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarta menyarankan masyarakat untuk staycation atau pun berwisata di dalam lokal daerah masing-masing.

Selain itu, berwisata juga tetap harus menjaga ketat protokol kesehatan.

"Kami sudah melakukan pendataan, pengarahan dan tentunya pengawasan untuk destinasi yang tetap buka di libur lebaran. Setidaknynya ada 841 destinasi wisata yang sudah dilaporkan ke kami akan membuka destinasi wisatanya," kata Sinarta, Sabtu (8/5/2021).

Sesuai arahan pemerintah, ditegaskan Sinarta bahwa pemerintah melarang kegiatan mudik. Namun, wisata untuk menggerakkan perekonomian diperbolehkan.

Karenanya, perjalanan orang diizinkan untuk di dalam kawasannya sendiri maupun alam satu rayon. Maka Sinarta menyarankan agar masyarakat selain staycation, juga memilih dan menerapkan berwisata yang aman protokol kesehatan.

"Artinya, kalau ke tempat wisata lokal di wilayahnya sendiri-sendiri, pilih yang sekiranya bisa menjaga jarak. Misalnya mau ke destinasi wisata A, tapi ternyata sudah ramai, maka jangan memaksa, tapi pilih wisata yang lain," tegasnya.

Terlebih Disbudpar juga telah mengumpulkan para pengelola tempat wisata agar menerapkan aturan-aturan yang bisa menjaga dari penularan covid-19. Seperti, kapasitasnya hanya 50 persen, harus menjaga jarak dan juga menerapkan penggunaan masker dan adanya sanitizer dan tempat mencuci tangan dengan sabun.

Tidak hanya itu, Sinarta juga menyebutkan, bahwa ada banyak pilihan desa wisata yang bisa dipilih untuk staycation. Selain murah, berwisata lokal menurutnya akan lebih terjaga keamanannya dari penularan covid-19.

Berdasarkan data Disbubpar Jatim, sejumlah destinasi wisata yang tetap buka di libur lebaran misalnya di Kota Surabaya ada Kenjeran Park, Taman Wisata Mangrove Wonorejo, Hutan Kota Pakal, Surabaya North Quay, Kebun Binatang Surabaya.

Kemudian untuk Malang Raya ada Jatim Park, Eco Green Park, Paralayang Gunung Banyak, BNS, Jatim Park 3, Kampung 1000 Topeng. Transtudio Mini Malang, dan banyak lagi.

Sedangkan untuk daerah lain yang juga buka destinasi wisatanya adalah Magetan Green Garden, Telaga Sarangan, Telaga Ngebel, Air Terjun Slampir, Pantai Klayar, Gua Gong, Pantai Prigi dan lain-lain.

Disampaikan Sinarta bahwa kondisi pandemi covid-19 memang membawa banyak dampak di sektor ekonomi dan pariwisata. Oleh sebab itu, membuka destinasi wisata memang digalakkan pemerintah untuk menumbuhkan geliat ekonomi daerah.

"Maka berwisatalah tidak apa-apa asalkan protokol kesehatan ditegakkan, staycation lebih disarankan. Pemerintah menggalakkan yang namanya Jatim Bangkit, maka ini adalah salah satu bentuknya," pungkas Sinarta.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved