Breaking News:

Berita Sidoarjo

Sudah Dilarang Mudik, Kini Masyarakat Juga Dilarang Kunjungi Famili Saat Lebaran

nanti, aktivitas warga juga akan mendapat perhatian petugas. Meski berada dalam wilayah aglomerasi, silaturrahim atau saling berkunjung juga dilarang.

Penulis: M Taufik
Editor: Deddy Humana
surya/m taufik
Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Whika Ardilestanto meninjau salah satu Pos Penyekatan Mudik 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Perubahan ketentuan larangan mudik kembali terjadi sangat cepat. Meski ada rayonisasi atau penetapan wilayah Aglomerasi, ternyata mudik lokal di dalam rayon dilarang. Bahkan berkunjung ke famili atau silaturrahim antar warga di dalam wilayah aglomerasi saat Lebaran nanti juga tidak diperbolehkan.

Itu artinya, ketentuan bahwa berpindah dalam satu rayon atau aglomerasi, sudah tidak diperbolehkan. Sidoarho berada dalam satu rayon bersama Surabaya, Gresik, Mojokerto, dan Bangkalan.

"Artinya, mudik dari Surabaya ke Sidoarjo atau sebaliknya, juga tidak boleh. Demikian pula mudik lokal di wilayah aglomerasi lainnya," kata Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Whika Ardilestanto, Jumat (7/5/2021).

Mengacu kebiasaan, mudik lokal kebanyakan terjadi pada H-1 Idul Fitri, serta saat hari H. Karena itu, Satlantas Polresta Sidoarjo menyiapkan strategi pengetatan lebih tiga hari tersebut. H-1 sampai H+1 Idul Fitri.

"Sejak posko penyekatan dioperasikan kemarin, kendaraan dari luar kota semua diperiksa. Termasuk kota di dalam wilayah aglomerasi. Nah, yang dibolehkan melintas adalah yang punya berkepentingan jelas, seperti kerja dan sebagainya. Itu pun harus menunjukkan surat keterangan," urai Whika.

Pada H Idul Fitri dan H+1 nanti, aktivitas warga juga akan mendapat perhatian petugas. Meski berada dalam wilayah aglomerasi, kegiatan silaturrahim atau saling berkunjung juga dilarang.

"Termasuk untuk warga di Sidoarjo sendjri. Kami sarankan tetap berlebaran di rumah saja. Demi kebaikan bersama, untuk mengantisipasi penyebaran Corona," pesan mantan Kasatlantas Polres Gresik tersebut.

Di Sidoarjo ada empat pos penyekatan dan empat pos pengamanan yang didirikan selama Mudik Lebaran Idul Fitri 2021. Rinciannya, pos penyekatan di Waru, exit tol Tambaksumur, exit tol Sidoarjo Kota, dan exit tol Tanggulangin.

Sementara pos pengaman antara lain di Terminal Purabaya Bungurasih, Bundaran Taman Pinang, Stasiun Sidoarjo, dan pos pengamanan di Pasar Krian. Pemeriksaan dan penyekatan wilayah diberlakukan ketat sampai 17 Mei 2021 mendatang.

Serta ada satu lagi pos gabungan Polresta Sidoarjo dan Polres Pasuruan yang ditempatkan di Simpang Tiga Gempol. Di sana juga ditambah oleh seorang perwira dari Polda Jatim. Pos itu berjaga selama 24 jam dengan pembagian personil tiga shift. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved