Breaking News:

Berita Nganjuk

Hindari Inflasi Jelang Lebaran, TPID Nganjuk Awasi Ketat Pergerakan Harga Barang

TPID diharapkan bisa melakukan langkah secepatnya ketika ada indikasi inflasi sebagai dampak dari kenaikan harga barang.

surya/ahmad amru muiz
Sekda Kabupaten Nganjuk, M Yasin memberikan sambutan dalam rapat kerja TPID sebagai antisipasi kenaikan inflasi daerah dampak dari kenaikan harga barang kebutuhan pokok jelang Lebaran. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Pengawasan ketat serta pengendalian harga-harga kebutuhan pokok kian gencar dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Nganjuk, terutama menjelang Idul Fitri pekan depan.

TPID diharapkan bisa melakukan langkah secepatnya ketika ada indikasi inflasi sebagai dampak dari kenaikan harga barang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, M Yasin mengatakan, TPID harus selalu memastikan kesejahteraan masyarakat agar tidak menjadi inflasi dini menjelang lebaran. Di mana TPID memiliki peran penting dalam memperkuat dan menjaga stabilitas maupun gejolak harga, serta pasokan komoditas pangan strategis.

“Langkah menekan kestabilan harga kebutuhan di masyarakat menjelang Lebaran sekarang ini harus dilakukan TPID dengan bekerjasama dan berkoordinasi antar perangkat daerah," kata Yasin.

Selain itu, ungkap Yasin, TPID juga diharapkan bisa menekan inflasi harga pokok komoditas pangan. Karena bagaimana pun,apabila terjadi inflasi menjelang Lebaran dipastikan akan memberatkan masyarakat.

"Dan Alhamdulillah, ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di Nganjuk jelang Hari Raya Idul Fitri masih cukup stabil sampai saat ini," ucap Yasin.

Sementara Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Nganjuk, Tatik Yiyitwati menjelaskan, Disperindag telah melakukan pantauan dan pengawasan terhadap pergerakan harga kebutuhan pokok masyarakat.

Di samping itu, Disperindag juga berupaya menertibkan regulasi harga pasar. Hal itu dilakukan untuk memastikan kecukupan stok komoditas pangan di Nganjuk. "Tentunya penetrasi pasar dapat digunakan untuk memastikan pasokan barang dan harga eceran tertinggi sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan,” tutur Tatik. ****

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved