Breaking News:

Empat Gerakan Streching untuk Menjaga Postur Tubuh, Cocok Dilakukan Selama Berpuasa

Karena sifatnya yang ringan, olahraga ini cocok dilakukan selama berpuasa. Masing-masing gerakan disarankan berdurasi 10 sampai 15 detik.

SURYA.CO.ID/Christine Ayu Nurchayanti
Training Development Manager Urban Athletes, Naung Pudi Mei Rivo Barumalang tengah mempraktikkan gerakan peregangan atau streching. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Bekerja dan bersekolah dari rumah membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu menatap layar laptop atau gawai.

Ternyata, kebiasaan tersebut dapat mengubah postur tubuh. Hal ini disebabkan karena posisi duduk yang salah dalam waktu lama.

"Ketika menatap gadget, masyarakat terbiasa menunduk. Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, akan membuat postur tubuh menjadi bungkuk," ungkap Training Development Manager Urban Athletes, Naung Pudi Mei Rivo Barumalang, Jumat (7/5/2021).

Pria yang lebih akrab disapa Rivo tersebut menyebut, gangguan kesehatan yang ditimbulkan sangat banyak jika tidak segera ditangani.

"Oleh karena itu, sebaiknya melakukan streching atau peregangan dua jam sekali agar postur tubuh tetap terjaga," katanya.

Karena sifatnya yang ringan, olahraga ini cocok dilakukan selama berpuasa. Masing-masing gerakan disarankan berdurasi 10 sampai 15 detik.

"Gerakannya bisa diselingi dengan berjalan-jalan sebentar. Intinya, tubuh diajak untuk bergerak," Rivo menuturkan.

Ada sejumlah gerakan peregangan yang bisa dilakukan, di antaranya yakni shoulder strech, neck strech, hamstring strech, dan back strech.

1. Shoulder Strech

Shoulder strech atau peregangan pundak bertujuan untuk meregangkan otot pada area pundak.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved