Breaking News:

Berita Sidoarjo

Selain Jaga Pos Penyekatan, Polisi di Sidoarjo Juga Awasi Jalur Tikus dengan Mobil Patroli

Ketika sejumlah jalur utama disekat, potensi masyarakat tetap nekat mudik lewat jalur tikus tentu sangat besar.

SURYA.CO.ID/M Taufik
Polisi jaga ketat pos pengamanan di wilayah Sidoarjo Barat yang berbatasan dengan Gresik dan Mojokerto. 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO – Ketika sejumlah jalur utama disekat, potensi masyarakat tetap nekat mudik lewat jalur tikus tentu sangat besar. Termasuk di Sidoarjo, banyak sekali jalan alternatif yang bisa menghubungkan dengan kota-kota lain di sekitar.

Mengantisipasi hal itu, Polisi bakal terus menggelar patroli di jalan-jalan tikus, atau jalur alternatif yang kemungkinan dipakai oleh pemudik untuk menghindari jalur utama karena ada sejumlah penyekatan wilayah.

“Untuk jalur tikus, kita sudah berkordinasi dengan polsek jajaran. Semua akan mengerahkan mobil patroli untuk mobile, keliling di jalan-jalan tikus. Petugas patroli juga akan menindak warga yang nekat mudik dengan cara menyuruh putar balik,” kata Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Whika Ardilestanto, Kamis (6/5/2021).

Meski ada skema aglomerasi atau aturan rayonisasi wilayah selama mudik Lebaran Idul Fitri kali ini, tetap saja dilarang mudik. Masyarakat di dalam wilayah rayonisasi juga dilarang mudik.

“Yang dibolehkan melintas itu adalah masyarakat yang beraktviitas sehari-hari, seperti bekerja dan sebagainya. Mudik lokal, tetap dilarang oleh pemerintah,” lanjut Whika.

Makanya, pos pengamanan di wilayah Sidoarjo Barat yang berbatasan dengan Gresik dan Mojokerto juga tetap menjalankan pemeriksaan dan pengetatan wilayah. Ketika ada warga mudik, tetap diputar balik.

Demikian halnya dengan pos di perbatasan Sidoarjo – Surabaya. Yang diputar balik adalah mereka yang mudik. Sementara yang beraktivitas sehari-hari tetap diizinkan untuk melintas.

Di Sidoarjo ada empat pos penyekatan dan empat pos pengamanan yang didirikan selama Mudik Lebaran Idul Fitri 2021. Rinciannya, pos penyekatan ada di Waru, exit tol Tambaksumur, exit tol Sidoarjo Kota, dan exit tol Tanggulangin.

Sementara pos pengaman antara lain di Terminal Purabaya Bungurasih, Bundaran Taman Pinang, Stasiun Sidoarjo, dan pos pengamanan di Pasar Krin. Terhitung mulai hari ini, semua pos itu mulai berjalan. Pemeriksaan dan penyekatan wilayah diberlakukan ketat hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Serta ada satu lagi pos gabungan Polresta Sidoarjo dan Polres Pasuruan yang ditempatkan di Simpang Tiga Gempol. Di sana juga ditambah oleh seorang perwira dari Polda Jatim. Pos itu berjaga selama 24 jam dengan pembagian personel tiga shift.

Penulis: M Taufik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved