Breaking News:

Berita Bangkalan

Kenang Menjadi Anak Yatim Sejak Kecil, Anggota DPR RI H Syafiuddin Puji Perjuangan Sang Ibu

Karena terkenang masa kecilnya, H Syafi sempat terdiam saat melihat keceriaan wajah-wajah polos anak-anak yatim di hadapannya.

surya/ahmad faisol
Anggota Komisi V Fraksi PKB DPR RI, H Syafiuddin didampingi isteri memberi santunan dalam Safari Ramadhan bersama 100 anak yatim dan Pengurus Cabang Muslimat NU Bangkalan di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Kelurahan Demangan, Kamis (6/5/2021). 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Berlomba berbuat kebajikan pada sesama merupakan pelajaran penting untuk seorang Muslim, apalagi di bulan suci Ramadhan ini. Anggota Komisi V Fraksi PKB DPR RI, H Syafiuddin pun punya alasan khusus saat memilih Safari Ramadhan bersama 100 anak yatim dan Pengurus Cabang Muslimat NU Bangkalan, Kamis (6/5/2021).

Kegiatan amal itu dilakukan H Syafi saat masa resesnya sebagai anggota DPR RI. Sebenarnya ia tidak memilih siapa masyarakat yang disantuni, tetapi kali ini anak-anak yatim dirangkul karena ternyata ia mengaku pernah merasakan bagaimana menjadi anak yatim.

Karena terkenang masa kecilnya, H Syafi sempat terdiam saat melihat keceriaan wajah-wajah polos anak-anak yatim di hadapannya. Ketua DPC PKB Bangkalan itu seperti terdiam dalam sepi di tengah keramaian.

Safari Ramadhan di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Kelurahan Demangan itu pun membuatnya terharu. Dengan mata yang berkaca-kaca, ia beranjak lalu menyalami, mengelus kepala, hingga mencium satu per satu kening anak yatim itu dengan penuh kasih sayang.

“Saya merasakan menjadi anak yatim, tidak sempat merasakan kasih sayang dari ayah. Bahkan saya tidak tahu wajah ayah karena beliau meninggal ketika saya berusia tiga tahun,” ungkap H Syafiuddin kepada SURYA.

H Syafi mengaku tumbuh dan berkembang dengan belaian seorang ibu, single parent yang mampu mengantarkannya hingga ke jenjang SMA. Keinginannya untuk kuliah pupus karena keterbatasan biaya.

Namun kenyataan itu tidak lantas membuatnya patah semangat. Usai lulus SMA di tahun 1990, pria asal Kecamatan Tanah Merah tahun 1973 itu memilih bekerja sebagai kernet angkutan umum Mistsubishi L300 trayek Kabupaten Sumenep-Pelabuhan Kamal, Kabupaten Bangkalan.

Profesi sebagai seorang kondektur L-300 plat kuning itu dilakukan H Syafi selama setahun. Ia kemudian memberanikan diri melamar sebagai sopir dengan mobil dan trayek yang sama dengan sistem setor.

“Allah memberikan saya kasih sayang ibu yang sangat luar biasa, banting tulang tanpa lelah. Ibu adalah jimat, doa ibu sangat mustajabah. Saya pernah merasakan seperti yang anak-anak yatim itu rasakan,” tuturnya dengan suara parau.

Selain menjabat Anggota DPR RI, kini H Syafi dipercaya memimpin DPC Bangkalan periode 2021-2026. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang ditetapkan pada 13 Maret 2021.

Ia mengatakan, pemberian santunan kepada anak yatim merupakan salah satu bagian dari ikhtiar DPC PKB Bangkalan dalam menebar kebaikan di bulan suci Ramadhan. Termasuk gelar taddarus setiap malam dan bagi-bagi 500 bungkus takjil kepada masyarakat umum.

“Kami berbagi di bulan suci Ramadhan, sekaligus syukuran atas turunnya SK kepengurusan PKB Bangkalan. Semoga kebaikan ini bisa memberikan keberkahan bagi kami, mengembalikan kejayaan PKB dengan perolehan 24 kursi pada pemilihan legislatif 1994 silam,” pungkas mantan anggota DPRD Bangkalan dan DPRD Jatim itu.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Pengasuh Pondok Pesantran Syaikhona Kholil, RKH Nasih Aschal serta Ketua Pengurus Cabang Muslimat NU Bangkalan, Nyai Hj Muthmainnah Aschal.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih kepada para donatur telah memberikan sumbangan. Semoga sedekah yang diberikan para donatur dapat menjadi amal jariyah,” ungkap Nyai Mutmainnah.

Ia berharap santunan kepada para anak yatim itu bisa bermanfaat dan menjadikan mereka anak soleh-solehah, tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa yang tangguh berakhlakul karimah. ***

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved