Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Astra Isuzu Dukung Armada Logistik Siap Operasional 24 Jam

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menyebutkan bisnis jasa pengiriman barang pada 2020 tumbuh sebesar 30 persen dan diprediksi tumbuh 30 persen 2021.

Foto: Astra Isuzu
BENGKEL BERJALAN : Presdir PT Adi Sarana Armada Tbk Projo Sunarjanto (tengah) berbincang dengan COO Astra Isuzu Yohanes Pratama saat melihat layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menyebutkan bisnis jasa pengiriman barang pada tahun 2020 tumbuh sebesar 30 persen dan diprediksi akan tumbuh 30 persen di tahun 2021. Industri logistik mengandalkan armada kendaraan komersial yang prima sebagai barang modal.

Chief Operation Officer (COO) PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) Yohanes Pratama mengatakan, pihaknya tak hanya menjual kendaraan komersial saja, tetapi memberikan solusi yang komprehensif bagi perkembangan bisnis customer di sektor logistik.

Pasalnya,  mobil harus selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan setiap saat, bahkan sebagian besar kendaraan komersial ini beroperasi 24 jam sehari.

“Untuk mendukung bisnis costumer Astra Isuzu selalu mendepankan efisiensi customer dengan melakukan jemput bola mendatangi customer guna melakukan perawatan kendaraan mereka di sela-sela waktu longgar, seperti saat menaikan atau menurunkan muatan. Dengan demikian, waktu operasional mobil tidak terganggu, tetapi tetap terawat dan siap digunakan,” kata Yohanes, di sela melihat layanan  Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) di Jakarta Timur, Rabu (5/5).

Terkait layanan BIB, kata Yohanes  mengatakan layanan ini beroperasi selama 24 jam non stop. Lewat BIB, Astra Isuzu memberikan servis rutin dan memperbaiki kerusakan ringan, dengan mendatangi mobil customer, kapan pun dan di mana pun. “Saat  Astra Isuzu memiliki 72 unit BIB mobil dan 5 unit BIB motor,” kata Yohanes.

Sedangkan, bengkel resmi Astra Isuzu sebanyak 51 outlet di seluruh Indonesia dengan 358 mekanik tersertifikasi Isuzu Indonesia. Sedangkan untuk pembelian sparepart, customer dapat mengakses melalui e-commerce blibli.com dengan toko resmi Astra Isuzu.

Rekanan handal

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), perusahaan bergerak di sektor penyewaan kendaraan. Direktur ASSA Jany Chandra mengatakan pihaknya memiliki 26.000 unit armada mobil penumpang maupun komersial. Sedangkan mobil komersial dari Isuzu ada 300 unit, seperti Isuzu Elf, MU-X, Panther, pick up turbo, dan Isuzu Traga.

Jany Chandra mengatakan  ASSA telah menggunakan kendaraan Isuzu sejak awal beroperasi. Alasannya, ia membutuhkan rekanan yang andal dalam layanan purna jual  (spare part dan bengkel) dan memiliki jaringan nasional karena armada yang dimilikinya beroperasi di seluruh Indonesia.

“Sejauh ini Isuzu sangat mendukung operasional kami. Isuzu memiliki jaringan bengkel yang luas dan juga layanan kunjungan servis, termasuk layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB),” kata Jany.

Ditambahkan Presiden Direktur ASSA, Prodjo Sunarjanto, bahwa layanan BIB sangat membantu efisiensi bisnis mereka karena bisa melakukan perbaikan setiap saat jika dibutuhkan. “Kami terkesan dengan BIB yang pernah melakukan perbaikan salah satu armada kami yang rusak di tengah perjalanan pada tengah malam,” ungkapnya.

Prodjo mengaku dalam lima tahun terakhir, industri jasa pengiriman barang meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan e-commerce di Tanah Air. Akibatnya, kebutuhan armada transportasi logistik juga meningkat.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved