Breaking News:

Berita Surabaya

Pasien Covid Pekerja Migran Ditangani Khusus di RS Lapangan, Kapan Mereka Pulang?

Tercatat ada 34 PMI terkonfirmasi positif covid-19 dan kini harus menjalani perawatan di RS Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Cak Sur
Istimewa/Dokumentasi RSLI
Penanggung jawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara dan Ketua PPKPC RSLI, Radian Jadid bersama para tenaga medis. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gelombang kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Jatim saat pandemi terus diantisipasi.

Tercatat ada 34 PMI terkonfirmasi positif covid-19 dan kini harus menjalani perawatan di RS Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

Diperkirakan ada sekitar 14.000 PMI asal Jatim yang pulang menjelang Lebaran ini. Selain mudik, mereka rata-rata memang habis masa kontrak kerjanya.

Penanggung Jawab RSLI Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara SpB Sp BTKV menegaskan, bahwa yang perlu diwaspadai adalah varian baru virus covid yang dibawa PMI.

"Makanya kami memberlakukan penanganan khusus untuk mereka. Pasien PMI itu dirawat terpisah dengan pasien lokal. Terutama PMI Malaysia karena pandemi negara ini sudah mirip India," kata Nalendra.

Semua pasien PMI itu saat ini terus dalam pengawasan ketat Balitbang Kesehatan Jatim. Jangan sampai mereka membawa virus yang sudah bermutasi sehingga masalah menjadi kompleks.

Nalendra meminta pasien PMI itu terus mematuhi semua saran medis. Tetap tidak perlu panik. Mestinya memang mereka bisa bertemu keluarga. Yakin dan berdoa bahwa semua bisa sembuh.

Nalendra menerangkan, bahwa PMI yang dirawat itu bisa pulang.

"Asal mereka telah dinyatakan sembuh dan negatif. Bergantung kondisi masing-masing pasien," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved