Breaking News:

Berita Surabaya

Tingkatkan Kualitas Guru di Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi Tak Bedakan Sekolah Negeri dan Swasta

Gelar sejumlah pelatihan, Pemkot Surabaya memastikan kualitas guru baik negeri maupun swasta harus meningkat.

SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memberikan motivasi saat simulasi sekolah tatap muka di SMPN 1 Surabaya pada 16 April 2021 lalu. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memastikan kualitas guru baik negeri maupun swasta harus meningkat. Ini sekaligus untuk mempermudah kerja guru dalam mengajar di masa pandemi.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi ini tak memungkiri beratnya perjuangan guru dalam masa pandemi Covid-19. Sebab, pembelajaran tatap muka yang tak bisa dilakukan dan harus beralih ke daring (online).

Tuntutan tinggi terhadap peningkatan kemampuan dibebankan kepada para guru. Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional yang diperingati tiap 2 Mei, Pria yang akrab disapa Cak Eri meminta para guru berbenah.

"Kita bisa serentak bergerak untuk mewujudkan merdeka belajar dan kita semua meniru Ki Hajar Dewantara," kata Cak Eri pada pengarahan secara daring kepada seluruh guru di Surabaya yang dikutip SURYA.CO.ID, Selasa (4/5/2021).

Cak Eri menilai, kualitas pendidikan bisa optimal apabila guru bersama seluruh stakeholder bekerja sama. Dalam kerja sama ini, guru menjadi garda depan dalam mewujudkan pendidikan yang maju.

"Guru menanamkan kepada anak didik bahwa pendidikan harus dicari terus, ilmu ini harus didapat. Tidak pernah berhenti belajar,” tegasnya.

Di sinilah pentingnya peningkatan kualitas guru. Para guru, lanjut Eri, juga tidak boleh tertinggal.

Guru diharapkan memiliki kemampuan yang sama dengan peserta didik di bidang teknologi. Pemerintah Kota pun hadir memastikan hal tersebut melalui sejumlah pelatihan.

Apabila tidak, peserta didik akan semakin tertinggal. Sekalipun ada tantangan, sebagian guru yang malas belajar dengan teknologi.

"Mau tidak mau, ini harus dilakukan. Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, belajar tidak pernah berhenti sampai napas terakhir, karena ilmu terus berkembang,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved