Breaking News:

Berita Jember

Permintaan Bupati Jember Setelah Melihat Pusat Perbelanjaan Mulai Ramai Pengunjung

Protokol kesehatan yang harus dijaga oleh pengunjung dan pelaku usaha adalah pemakaian masker, dan penjagaan jarak antar pengunjung tempat usaha.

Humas Polsek Kaliwates
Petugas gabungan Muspika Kaliwates saat memantau pusat perbelanjaan di Kaliwates, Jember 

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Fatkhul Alami

Surya.co.id | JEMBER - Bupati Jember Hendy Siswanto meminta pelaku usaha perdagangan turut menjaga protokol kesehatan (Prokes) di tempat usahanya, terutama pekan terakhir Ramadan.

Sebab, sudah menjadi pemandangan umum, tempat usaha perdagangan, seperti toko, mall, juga pasar, dipadati warga menjelang Lebaran.

Bupati Hendy meminta pemilih toko menugaskan pegawainya secara khusus untuk berkeliling mengingatkan warga supaya menjaga protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang harus dijaga oleh pengunjung dan pelaku usaha adalah pemakaian masker, dan penjagaan jarak antar pengunjung tempat usaha.

"Pemilik toko wajib menugaskan karyawannya untuk terus mengimbau masyarakat melalui pengeras suara yang datang ke toko tersebut agar mematuhi protokol kesehatan," ujar Hendy, Selasa (4/5/2021).

Bupati Hendy mengakui, mendekati Hari Raya Idul Fitri, terjadi kerumunan di beberapa tempat, seperti pusat perbelanjaan.

Karenanya, dia menyarankan masyarakat untuk mengatur waktu belanjanya, tidak menumpuk di malam hari.

“Diatur waktunya, jangan malam kalau mau beli baju baru, malam itu padat-padatnya orang di toko. Pilihlah waktu pagi atau siang saat masih tidak terlalu ramai,” sarannya.

Pemkab Jember juga menerjunkan petugas untuk keliling ke pusat keramaian demi penegakan protokol kesehatan.

Petugas di tingkat kecamatan juga mulai patroli memantau pusat perbelanjaan di wilayah masing-masing, seperti yang dilakukan jajaran Muspika Kaliwates.

Kecamatan Kaliwates, merupakan salah satu kecamatan wilayah Jember Kota yang memiliki tempat perbelanjaan cukup banyak. Karenanya, jajaran Muspika Kaliwates secara rutin menggelar pemantauan di pusat perbelanjaan tersebut.

"Terutama yang kami ingatkan kepada pengunjung itu terkait pemakaian masker, dan menjaga jarak," ujar Kapolsek Kaliwates Kompol Edy Sudarto.

Pihak Muspika juga menegaskan kepada semua pengelola pusat perbelanjaan untuk membuat peraturan bagi pengunjung wajib bermasker, dan mengatur penjagaan jarak. Pertokoan, dan pusat perbelanjaan juga wajib membuat sirkulasi keluar masuknya pengunjung.

"Kami juga mengecek makanan dan minuman yang dijual, apakah layak dan tidak melewati masa kedaluwarsa. Kepada masyarakat, kami juga imbau untuk teliti dalam membeli produk makanan dan minuman. Jangan lupa untuk meneliti masa kedaluwarsa barang tersebut," tegas Edy.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved