Breaking News:

Berita Kediri

Pemkot Kediri Cairkan Bansos Kartu Santunan Hadapi Bencana Tunai

Setelah sempat terhenti 4 bulan, Pemkot Kediri kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) Kartu Santunan Hadapi Bencana Tunai (Sahabat)

Surabaya.Tribunnews.com/Didik Mashudi
Bantuan sosial Kartu Sahabat kembali dicairkan untuk 25.268 Keluarga Penerima Manfaat di Kota Kediri, Selasa (4/5/2021). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Setelah sempat terhenti 4 bulan, Pemkot Kediri kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) Kartu Santunan Hadapi Bencana Tunai (Sahabat), Selasa (4/5/2021).

Setiap penerima Kartu Sahabat mendapatkan bantuan sosial senilai Rp 200.000. Total ada 25.268 keluarga penerima manfaat Kartu Sahabat yang tersebar di 46 kelurahan.

Beberapa kelurahan mulai mencairkan di antaranya, Kelurahan Kaliombo, Ringinanom, Pakelan, Setonopande, Balowerti, Dandangan, Rejomulyo, Tempurejo, Ngletih, Bangsal, Betet, Ngampel, Bandar Kidul, Dermo, Banjaran dan Mrican.

Wasis Tri Yuliantoko menjelaskan pencairan Kartu Sahabat dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid 19. Penerima memakai masker dan menjaga jarak.

Ada 887 penerima Kartu Sahabat yang di Kelurahan Bandar Kidul. “Total awal dari Dinas Sosial ada 911 orang, namun setelah dicek kembali ada beberapa nama yang dobel. Dan jumlah akhir diperoleh 887 orang penerima, masing-masing orang akan menerima Rp.200.000,” jelasnya.

Wasis menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dibawa ketika pengambilan kartu sahabat. Jika diambil langsung yang bersangkutan cukup membawa KTP asli dan fotocopy KTP, namun jika diwakilkan ada penambahan syarat.

“Jika yang mengambil bukan yang bersangkutan. Misal berada di 1 KK syaratnya cukup ditambahkan KK asli, tapi jika pengambil dan penerima tidak berada di 1 KK harus menambahkan surat kuasa dari keluarahan,” tambahnya.

Erlin (25) salah satu penerima Kartu Sahabat merasa bersyukur dengan adanya penyaluran menjelang Lebaran.

“Alhamdulillah, saat pandemi seperti sekarang ini dapat bantuan kartu sahabat. Sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Diharapkan bantuan kartu sahabat masih terus diberikan sampai pandemi covid berakhir dan bantuan yang diberikan tepat sasaran bagi warga yang membutuhkan.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengharapkan penyaluran bantuan Kartu Sahabat dapat terus menggerakkan perekonomian di tengah pandemi.

Dijelaskan, bansos Kartu Sahabat disalurkan sebelum Lebaran agar ekonomi saat Lebaran tetap berputar.

"Semoga ini bisa bermanfaat untuk masyarakat di saat Lebaran. Tolong agar dibelanjakan secara bijak," ujarnya.

Wali Kota juga terus mengingatkan agar warga Kota Kediri tidak melakukan mudik ataupun berpergian ke luar kota.

"Masyarakat agar tidak bepergian ke luar kota saat Lebaran nanti. Ini demi menekan penyebaran Covid-19. Insha Allah kalau Lebaran kita aman, ke depannya bisa bagus,” ungkapnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved