Breaking News:

Berita Ponorogo

Mengenang Pendiri Banser MZ Kajubi, Putra Asli Ponorogo yang Getol Perangi PKI

MZ Kajubi mendirikan Banser pada masa awal-awal kemerdekaan Indonesia. Untuk itu lah kader Ansor dan Banser memberikan penghormatan kepada Kajubi.

SURYA.CO.ID/Sofyan Arif Candra Sakti
Ketua GP Ansor Ponorogo, Syamsul Maarif dan Komandan Banser Ponorogo, Sudarsono Ziarah ke Makam Pendiri Banser, MZ Kajubi, Selasa (4/5/2021). 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Sebuah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Tamanarum, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo nampak berbeda dengan makam yang lainnya.

Di makam tersebut terdapat tugu prasasti bertuliskan 'DISINI DIMAKAMKAN M.Z. KAJUBI SALAH SATU PENDIRI BANSER/KOMANDAN BANSER PERTAMA'

Di tugu tersebut juga terpatri bendera merah putih, lambang Nahdlatul Ulama, GP Ansor, serta Banser (Barisan Ansor Serbaguna).

Nampak dua orang yang sedang berziarah di makam tersebut, yang tak lain adalah Ketua GP Ansor Ponorogo, Syamsul Maarif dan Kasatkorcab Banser Ponorogo, Sudarsono.

"Hari ini kami sebagai kader Ansor sebagaimana tradisi di NU, berziarah dan bertawasul ke pendahulu yakni almarhum Muhammad Zein Kajubi," kata Syamsul, Selasa (4/5/2021).

Syamsul menyebutkan, Kajubi mendirikan Banser pada masa awal-awal kemerdekaan Indonesia.

Untuk itu lah kader Ansor dan Banser memberikan penghormatan kepada Kajubi dengan memasang prasasti di makam Kajubi.

"Almarhum mbah Kayubi ini juga sering diziarahi oleh sahabat Banser dari berbagai daerah, khususnya di wilayah Jawa Timur," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sudarsono mengungkapkan MZ Kajubi merupakan putra asli Ponorogo.

Kajubi lahir di Desa Pengkol, Kecamatan Kauman pada 1 Januari 1926.

Halaman
123
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved