Breaking News:

Berita Pasuruan

Manfaatkan Eks Lapas, Gus Ipul Berencana Bangun Museum Tentang Perjalanan Panjang Kota Pasuruan

Gus Ipul sudah menyiapkan rencana untuk memanfaatkan bangunan Lapas Kelas II B Kota Pasuruan jadi museum pusat sejarah peradaban Kota Pasuruan.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Galih Lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf. 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sudah menyiapkan rencana untuk memanfaatkan bangunan yang selama ini dimanfaatkan sebagai Lapas Kelas II B Kota Pasuruan.

Rencana ini menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman dan MoU antara Pemkot Pasuruan dan Kemenkumham tentang pemindahan Lapas Kelas II B Kota Pasuruan menjadi Lapas Terintegrasi.

Pemkot Pasuruan sudah menyiapkan lahan seluas 5 hektare untuk dibangun sebagai lapas terintegrasi lengkap dengan tempat rehabilitasi, pesantren dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Gus Ipul mengatakan, lahannya sudah ada. Administrasi mulai dokumen kepemilikan dan sejenisnya sudah lengkap. Tahun ini, diperkirakan selesai pematangan lahannya. Tahun depan, sudah dikerjakan.

"Nanti setelah resmi direvitalisasi, saya akan mengajukan ke Kemenkumham untuk menghibahkan bangunan eks lapas ini ke Pemkot Pasuruan. Saya akan buat bangunan ini sebagai museum," katanya, Selasa (4/5/2021).

Dia menjelaskan, gambaran awal, ia ingin memanfaatkan bangunan yang dibangun tahun 1.870 ini sebagai pusat sejarah peradaban Kota Pasuruan.

"Konsepnya akan kami matangkan nanti sembari jalan," jelas dia.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini ingin membuat museum yang setiap orang masuk ke dalam bisa memiliki gambaran perjalanan Kota Pasuruan, dari masa lalu, masa kini, hingga masa akan datang.

"Di dalamnya, akan ada sejarah perjalanan Kota Pasuruan, Kota Pasuruan sekarang, dan Kota Pasuruan di masa depan seperti apa. Jadi, wisatawan masuk sudah mendapatkan bayangan Kota Pasuruan," urainya.

Selain itu, ia juga ingin memasukkan potensi-potensi yang ada di Kota Pasuruan, mulai potensi kerajinan tangan, makanan, dan sebagainya.

Ia berharap, ini akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke Kota Pasuruan.

"Jadi museum ini nantinya akan menjadi salah satu wisata heritage atau wisata bersejarah dengan bangunan-bangunan bersejarah lainnya. Dan menambah potensi wisata Kota Pasuruan," jelas Gus Ipul.

Muaranya, lanjut dia, menjadikan Kota Pasuruan sebagai Kota yang kaya akan tempat wisata. Jadi, ia akan mengkawinkan wisata heritage, wisata religi, dan wisata bahari.

"Kalau itu klop, Kota Pasuruan bisa benar-benar menjadi Kota Madinah, maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya. Kami mohon doa dan dukungan masyarakat Kota Pasuruan," pungkas dia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved