Breaking News:

Berita Lamongan

Cukup Klik di Aplikasi Dumas Presisi, Masyarakat Lamongan Dorong Peningkatan Pelayanan Kepolisian

Berkat Dumas Presisi, pelapor tidak perlu bertandang ke kantor polisi karena cukup mengirim pengaduan melalui gadget di tangannya.

surya/hanif manshuri
Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana memimpin apel komitmen bersama anggota Polri untuk tidak menyalahgunakan narkoba, Selasa (4/5/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Meningkatnya kualitas pelayanan tidak sekadar dipacu fasilitas, tetapi lebih karena ada sorotan atas kekurangan dari pelayanan itu sendiri.

Berkat aplikasi Dumas Presisi yang diluncurkan Polri, masyarakat Lamongan sudah bisa melaporkan adanya kejadian di sekitarnya bahkan kalau ada oknum polisi nakal, hanya dengan meneken 'klik'.

Dumas Presisi merupakan kependekan dari Aduan Masyarakat yang Presisi Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan. Inovasi Polri itu juga sudah diterapkan di Polres Lamongan untuk memudahkan masyarakat melaporkan sesuatu pada penegak hukum.

Laporan itu bisa tindak pidana maupun terhadap oknum yang nakal. Berkat Dumas Presisi itu, pelapor tidak perlu lagi harus bertandang ke kantor polisi karena cukup mengirim pengaduan melalui gadget di tangannya.

"Aplikasi Dumas Presisi ini sebagai Inovasi Polri yang langsung ditangani oleh fungsi pengawas Polri," kata Subbag Humas Polres Lamongan, Iptu Estu Kwindardi, Selasa (4/5/2021).

Aplikasi yang sudah diresmikan Kapolri ini bisa didownload di PlayStore. Aplikasi ini difungsikan untuk mempermudah masyarakat dalam mengadukan tindak pidana kriminal atau soal pelayanan di kepolisian.

Masyarakat bisa mengadu melalui saluran aplikasi tersebut jika ada oknum polisi yang nakal, bahkan pelayanan di polres atau polsek yang tidak memuaskan.

Dijelaskan Estu, aplikasi Dumas Presisi ini wujud tuntutan zaman yakni kemajuan teknologi. Polri selalu berbenah untuk memberikan pelayan terbaik pada masyarakat. "Polri mewujudkan transparansi dan peningkatan penanganan pengaduan masyarakat secara online," kata Estu.

Dan masyarakat dapat menyampaikan pengaduan tentang pelayanan kepolisian maupun penyimpangan yang dilakukan oleh personel Polri, terkait tugas polisi.

Karena itu masyarakat diharapkan memaksimalkan kemudahan itu agar polisi terdorong memberikan pelayanan terbaik. "Dumas Presisi merupakan wujud transparansi Polri dalam membentuk sistem pengawasan oleh masyarakat dengan cepat, mudah, dan terukur," pungkasnya. ****

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved