Breaking News:

Virus Corona di Jatim

33 Pekerja Migran Mudik ke Jatim Positif Covid-19, Gubernur Khofifah Perketat Pemulangan di Bandara

Gelombang pekerja migran asal Jatim yang pulang kampung alias mudik di tahun ini mulai berdatangan. Per hari ada 3.636 pekerja migran datang.

surya.co.id/david yohanes
Pekerja migran yang pulang ke Tulungagung, Minggu (2/5/2021). Gubernur Khofifah memperketat sistem pemulangan setelah ditemukan banyak pekerja migran yang mudik ppositif Covid-19. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gelombang pekerja migran asal Jatim yang pulang kampung alias mudik di tahun ini mulai berdatangan.

Setidaknya per hari ini, Selasa (4/5/2021), sudah ada sebanyak 3.636 pekerja migran dari berbagai negara yang telah diisolasi di Asrama Haji sejak 28 April 2021.

Dari seluruh jumlah tersebut, seluruhnya telah dilakukan PCR dan ditemukan 33 orang yang positif covid-19.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pengetatan di pintu masuk Internasional di Jatim.

Hal ini khususnya menyikapi adanya penemuan virus varian baru dari India, Inggris dan Afrikas Selatan (Afsel) yang telah masuk ke Indonesia.

BPBD Kabupaten Kediri saat melakukan penjemputan para pekerja Migran Indonesia
BPBD Kabupaten Kediri saat melakukan penjemputan para pekerja Migran Indonesia (SURYA.CO.ID/Farid Mukarrom)

Pengetatan ini dilakukan bekerjasama dengan pihak TNI/Polri, KKP, serta Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Kesehatan Jawa Timur.

Pengetatan dilakukan terutama memastikan semua pekerja migran yang pulang kampung aman dan dilakukan testing maupun isolasi untuk mencegah masuknya varian India, Inggris dan Afsel.

"Bagi yang positif covid-19 segera kami isolasi di RS Darurat Lapangan Indrapura dan RS Rujukan covid-19.

Sedangkan bagi pasien yang negatif akan dilakukan penjemputan oleh kabupaten dan kota masing," terangnya.

Sistemnya, begitu sampai di bandara, mereka akan langsung dilakukan PCR test.

Para pekerja migran asal Magetan dijemput mobil kiriman Pemkab Magetan dari gedung karantina di Surabaya, Senin (3/5/2021) sebelum diangkut ke daerah asalnya.
Para pekerja migran asal Magetan dijemput mobil kiriman Pemkab Magetan dari gedung karantina di Surabaya, Senin (3/5/2021) sebelum diangkut ke daerah asalnya. (surya/doni prasetyo)
Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved