Breaking News:

Berita Jember

Mengenaskan, Ribuan Perangkat Desa di Jember Lima Bulan Belum Gajian, PPDI Wadul ke Komisi A

Lebih dari 2.700 orang perangkat desa di Kabupaten Jember belum menerima gaji atau penghasilan tetap (Siltap) di tahun 2021.

SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Jember saat wadul ke Komisi A DPRD Jember tentang belum dibayarnya penghasilan tetap mereka selama lima bulan, Senin (3/5/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Lebih dari 2.700 orang perangkat desa di Kabupaten Jember belum menerima gaji atau penghasilan tetap (Siltap) di tahun 2021.

Selama lima bulan, mulai Januari hingga Mei 2021, mereka belum menerima Siltap tersebut.

Siltap atau gaji perangkat desa bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) di APBD Jember tahun 2021. Sementara itu diketahui bersama, jika Perda APBD Jember tahun 2021 belum bisa dieksekusi hingga awal Mei ini.

Karena belum gajian sampai menjelang Lebaran Idul Fitri, belasan perwakilan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Jember wadul ke Komisi A DPRD Jember, Senin (3/5/2021).

Mereka meminta tolong kepada DPRD Jember untuk bisa mengupayakan gaji perangkat desa se-Kabupaten Jember bisa cair. Perangkat desa itu mulai dari kepala desa, sekretaris desa, kepala seksi, kepala urusan dan kepala dusun.

Kabupaten Jember memiliki 226 desa yang tersebar di 28 kecamatan dari 31 kecamatan. Sedangkan tiga kecamatan berbentuk administratif kota, dan piranti kelurahan di bawah kecamatan.

Setiap desa memiliki perangkat desa antara sembilan hingga 12 orang. Jumlah perangkat desa itu tergantung berapa jumlah dusun yang dimiliki.

"Ada 226 desa, dengan jumlah perangkat desa mencapai ribuan orang. Selama lima bulan ini, kami belum gajian atau belum mendapatkan Siltap. Karena sekarang mau Lebaran, jadi kami wadul dan meminta bantuan kepada anggota dewan, dalam hal ini Komisi A," ujar Santos WV, Sekretaris DPD PPDI Kabupaten Jember, usai mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi A DPRD Jember, Senin (3/5/2021).

Ketiadaan Perda APBD, kata Santos, diakui menjadi penyebab belum cairnya Siltap perangkat desa.

Santos dan ribuan perangkat desa di Jember, berharap Siltap itu bisa segera cair.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved