Breaking News:

Berita Bangkalan

Masa Pancaroba, Hujan Lebat Tiba-tiba Mengguyur Kabupaten Bangkalan

Awan pekat disertai semilir hawa dingin perlahan-perlahan menyapu hawa panas dari terik matahari,

surya.co.id/ahmad faisol
Genangan air di Jalan RE Martadita, Kelurahan Mlajah, Kota Bangkalan akibat hujan dengan intensitas deras yang tiba-tiba mengguyur Kota Bangkalan, Senin (3/5/2021) siang. 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Cuaca cerah di langit Kota Bangkalan tiba-tiba berubah mendung, Senin (3/5/2021) pukul 13.15 WIB.

Awan pekat disertai semilir hawa dingin perlahan-perlahan menyapu hawa panas dari terik matahari, seakan mengabarkan masa pancaroba telah tiba di awal Mei.

“Bulan ini (Mei) sudah mulai masuk pancaroba,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris kepada SURYA.co.id melalui layanan pesan singkat.

Peringatan Dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda per 3 Mei 2021 pukul 13.00 WIB menyebutkan, hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang pada pukul 13.30 WIB berpotensi mengguyur Manyar (Gresik) dan beberapa kecamatan di Kabupaten Bangkalan.

Baca juga: Semua Tempat Wisata di Kota Blitar Diperbolehkan Buka saat Libur Lebaran 2021

Rizal menjelaskan, ketika terjadi masa transisi dalam sebuah musim, biasanya akan ditandai dengan kemunculan perubahan cuaca ekstrim, seperti hujan sesaat dengan intensitas deras disertai angin kencang dan petir.

Hujan deras disertai angin berkecepatan sedang yang menerjang Kota Bangkalan hanya berlangsung tidak lebih dari satu jam.

Cuaca kembali cerah sisa-sisa genangan air yang masih membasahi jalur-jalur protokol.

“Seperti yang terjadi saat ini merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, ditandai dengan potensi terjadinya cuaca ekstrem,” pungkasnya.

BACA BERITA BANGKALAN LAINNYA

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved