Breaking News:

Sambang Kampung Kentintang Surabaya

Fokus Pendidikan, Warga  RT 2 RW 3 Ketintang Surabaya Monitoring Belajar Siswa selama Pandemi

Selama pandemi covid-19 anak-anak mengalami penurunan semangat belajar karena kurangnya interaksi dengan guru dan teman-teman di sekolah.

surya.co.id/habibur rohman
MONITORING PENDIDIKAN - Proses pembelajaran selama pandemi covid-19 mendapatkan perhatian dari warga Kampung Ketintang Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Selain kesehatan, pendidikan menjadi salah satu fokus utama RT 2 RW 3 Ketintang Surabaya.

Oleh karena itu, pihak RT terus memonitor perkembangan belajar anak-anak di kampung, khususnya yang kini duduk di kelas 6 sekolah dasar.

"Sejak pandemi covid-19, anak-anak tidak lagi aktivitas belajar mengajar di sekolah. Bimbel yang dulu rutin kami laksanakan, juga terpaksa berhenti," ungkap ketua RT 2 RW 3 Ketintang Surabaya Andry Herdianto.

Rupanya, hal tersebut memberikan dampak terhadap semangat anak-anak dalam belajar. Ia menganggap, perlu ada pemantauan agar anak-anak tetap bisa menyerap pelajaran secara baik.

"Apalagi anak-anak yang akan masuk SMP, saya monitor terus. Harapannya, mereka dapat melanjutkan jenjang sekolah yang lebih tinggi di sekolah negeri," ungkapnya

Ia melakukan pendekatan secara personal, baik melalui orang tua maupun si anak. Hampir setiap minggu, ia menanyakan perkembangan belajar anak-anak.

"Kadang door to door, kadang bertemu secara tidak langsung di jalan. Fokusnya yakni bagaimana anak-anak tetap mau dan semangat belajar," Andry menuturkan.

Menurut pemantauannya, selama pandemi covid-19 anak-anak mengalami penurunan semangat belajar karena kurangnya interaksi dengan guru dan teman-teman di sekolah.

"Kalau di rumah kan hanya melihat dan mendengar, tanpa ada interaksi sosial. Berbeda dengan bertatap muka langsung," terangnya.

Ia juga mengajak warga yang memiliki WiFi untuk membantu tetangga yang lain agar akses internet anak bisa lebih lancar sehingga menunjang belajarnya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved