Breaking News:

Berita Tuban

7.800 PNS di Tuban Bakal Terima THR, Nilainya Nyaris Rp 36 Miliar

Angin segar bagi pegawai negeri sipil di Tuban, pasalnya, para abdi negara tersebut bakal mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR)

SURYA.CO.ID/M Sudarsono
PNS di lingkungan Pemkab Tuban segera mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), sebagaimana yang sudah diteken Presiden Joko Widodo. 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Angin segar bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Tuban. Pasalnya, para abdi negara tersebut bakal mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), sebagaimana yang sudah diteken Presiden Joko Widodo.

Jumlah PNS yang mendapat THR keagamaan itu mencapai ribuan. Disampaikan Kabid perbendaharaan BPKAD Kabupaten Tuban, Wara Setiani, jumlah PNS yang mendapat THR yaitu 7.800 orang.

Adapun nilainya secara akumulasi yakni hampir Rp 36 miliar, tepatnya Rp 35.997.593.734.

"7.800 PNS yang dapat THR, nilainya Rp 35.997.593.734," ujar Wara saat dikonfirmasi, Senin (3/5/2021).

Ia menjelaskan, THR PNS belum cair masuk ke rekening masing-masing abdi negara, karena masih proses penyusunan Perbup.

Sebagaimana dalam PP menyebutkan, THR bisa dibayarkan setelah tanggal Hari Raya jika belum dapat dibayarkan dalam H-10 hari raya.

"Belum masuk rekening PNS, masih proses ini," ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk gaji ke-13 juga belum bisa cair dalam waktu dekat, berdasarkan aturan akan dicairkan pada Juni mendatang.

"Untuk gaji ke-13 sesuai jadwal bisa dicairkan Juni, angkanya juga belum diketahui," pungkasnya.

Sebagaimana dikutip dari kompas.com, pencairan THR 2021 dan gaji ke-13 bagi ASN, TNI, Polri, pejabat negara, pensiunan dan penerima tunjangan sudah menemui titik terang.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meneken aturan tentang THR pada Rabu (28/4/2021).

"Saya telah menandatangani PP yang menetapkan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk Aparatur Negara, baik itu PNS, CPNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, penerima pensiunan, penerima tunjangan. Kemarin Rabu 28 April sudah saya tandatangani," kata Jokowi seperti diunggah di laman Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4/2021).

Waktu pencairan THR dan gaji ke-13 diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2021 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tertanggal 28 April 2021.

Di dalam PMK 42/2021 Pasal 11 disebutkan bahwa THR paling cepat dibayarkan 10 hari sebelum tanggal Hari Raya, artinya THR dicairkan paling cepat pada 3 Mei 2021.

Disebutkan juga jika THR belum dapat dibayarkan, maka dapat dibayarkan setelah tanggal Hari Raya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved