Breaking News:

Berita Blitar

Warga Empat Daerah Bisa Bebas Memasuki Wilayah Blitar, Meski Ada Larangan Mudik

Jadi warga di lima daerah itu masih boleh keluar masuk tanpa menunjukkan hasil rapid test antigen saat pemberlakuan larangan mudik.

surya/samsul hadi
Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan. 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang, tidak akan berlaku untuk para pemudik dari Kediri, Tulungagung, Trenggalek, dan Nganjuk. Warga dar empat daerah itu masih bisa masuk wilayah Blitar Raya tanpa menunjukkan hasil rapid test antigen.

Sebab Blitar Raya (kota/kabupaten), Tulungagung, Kediri, Trenggalek, dan Nganjuk masih masuk wilayah aglomerasi atau beberapa kota/kabupaten yang masuk kawasan tertentu dan diperbolehkan melakukan mudik lokal.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, daerah yang masuk rayonisasi atau aglomerasi masih diperbolehkan melakukan mudik lokal. Warga yang masuk wilayah aglomerasi bisa masuk antar kota tanpa wajib menunjukkan hasil rapid test antigen.

Seperti Blitar Raya, Tulungagung, Kediri, Trenggalek, dan Nganjuk masuk satu rayonisasi atau masuk wilayah aglomerasi. Jadi warga di lima daerah itu masih boleh keluar masuk tanpa menunjukkan hasil rapid test antigen saat pemberlakuan larangan mudik.

"Untuk daerah yang masih satu rayon atau masuk wilayah aglomerasi masih diperbolehkan keluar masuk tanpa wajib menunjukkan hasil rapid test antigen," kata Yudhi, Minggu (2/5/2021).

Dikatakan Yudhi, untuk warga di luar daerah yang masuk wilayah aglomerasi harus menunjukkan hasil rapid test antigen saat hendak masuk wilayah Blitar.

Warga di luar wilayah aglomerasi yang tidak bisa menunjukkan hasil rapid test antigen, akan diminta putar balik di pos penyekatan perbatasan Blitar. "Kami mendirikan tiga pos penyekatan di wilayah Ponggok, Udanawu, dan Wonodadi," ujar Yudhi.

Terpisah, Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan pihaknya tetap melakukan pendataan terhadap pemudik baik antar kota maupun antar provinsi.

Khusus untuk warga Blitar Raya dan sekitarnya, seperti Tulungagung dan Kediri, masih bisa keluar masuk wilayah tanpa wajib menunjukkan hasil rapid test antigen.

"Untuk warga Blitar Raya dan sekitarnya seperti Tulungagung dan Kediri, masih boleh keluar masuk tanpa wajib menunjukkan hasil rapid test antigen saat pemberlakuan larangan mudik," kata Hakim. ****

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved