Breaking News:

Berita Sidoarjo

21 Pendaftar Direksi PDAM Sidoarjo Kandas, Mantan Calon Wawali Surabaya Dikabarkan Lolos Seleksi

Mujiaman adalah mantan Dirut PDAM Surabaya yang beberapa waktu lalu mengundurkan diri untuk ikut berkontestasi dalam Pilwali Surabaya

ilustrasi Kompas.com
penanaman pipa PDAM 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO – Proses pendaftaran dan seleksi calon jajaran direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo makin menarik. Itu setelah ada nama calon Wakil Wali (Wawali) Kota Surabaya, Mujiaman yang dikabarkan ikut mendaftar, bahkan telah lolos seleksi administrasi, sedangkan 21 dari 61 pendaftar tahap pertama malah dikabarkan sudah kandas pada tahap pertama seleksi.

Ke-21 pendaftar itu dinyatakan gagal dalam proses seleksi administrasi yang digelar oleh panitia Seleksi Direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo 2021, Minggu (2/5/2021).

Sementara Mujiaman termasuk dalam 40 nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Nama ini tertulis di urutan kedua dalam lampiran peserta yang dinyatakan lolos dan diumumkan oleh tim seleksi direksi PDAM Sidoarjo.

“Ada 40 pendaftar yang sudah dinyatakan lulus seleksi. Selanjutnya mereka menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) pada 3 – 5 Mei 2021 mendatang,” kata Mohammad Ainur Rahman, Ketua Tim Seleksi Direksi PDAM Delta Tirta 2021.

Kabar yang beredar, Mujiaman adalah mantan Dirut PDAM Surabaya yang beberapa waktu lalu mengundurkan diri untuk ikut berkontestasi dalam Pilwali Surabaya. Mujiaman menjadi calon Wakil Wali (Wawali) Kota Surabaya mendampingi Machfud Arifin.

Nama Mujiaman sudah sejak beberapa waktu lalu kerap disebut-sebut sejumlah pihak di Sidoarjo, dan dikaitkan dengan rencana penanganan PDAM di Kota Delta. Entah kebetulan atau bagaimana, nama yang bersangkutan terbukti ada dalam seleksi Direksi PDAM, dan sudah lulus seleksi administrasi.

Terkait nama Mujiaman dan nama-nama yang lolos seleksi, Ainur mengaku tidak hafal satu persatu. Menurutnya, yang lebih tahu detail siapa-siapa peserta adalah bagian sekretariat.

Rekrutmen Direksi PDAM Sidoarjo sudah dibuka sejak 26 April sampai 30 April 2021 kemarin. Terhitung ada 61 orang pendaftar. Rinciannya, ada 10 orang mendaftar sebagai Direktur Utama, 13 orang daftar Direktur Operasional.

Smentara pendaftar Direktur Pelayanan ada 22 orang, serta Direktur Administrasi dan Keuangan 14 orang. Selain itu ada pendaftar tanpa keterangan sebanyak 2 orang.

Dan sejak awal rekrutmen ini dibuka, sejumlah pihak mendesak agar seleksi digelar transparan dan benar-benar bersih agar menghasilkan direksi yang bisa membawa PDAM Sidoarjo lebih maju serta lebih baik dalam melayani kebutuhan warga.

Ketua panitia khusus (pansus) DPRD Sidoarjo untuk raperda perubahan nama PDAM Delta Tirta Choirul Hidayat, juga mewarning agar tidak ada main-main kepentingan dalam rekrutmen ini. Apalagi jabatan Direksi PDAM disebut-sebut cukup prestisius.

Pansus sebenarnya sangat berharap agar legislatif dilibatkan saat pembentukan panitia seleksi untuk perekrutan jajaran direksi PDAM. Dan hal itu sebenarnya juga sudah tertuang dalam draft raperda yang saat ini sedang dalam tahapan finalisasi.

"Sayangnya belum sempat disahkan raperdanya, malah sudah dibuka perekrutannya. Jadi ya kami tidak bisa apa-apa sekarang," kata politisi PDIP tersebut.

DPRD Sidoarjo melalui Pansus PDAM memang tengah menggodok dua raperda terkait PDAM Delta Tirta. Pertama soal perubahan nama PDAM Delta Tirta, dan yang kedua adalah penyertaan modal untuk perusahaan daerah itu.

Namun sebelum perda selesai, Pemkab Sidoarjo malah sudah membuka rekrutmen direksi PDAM. Ada empat jabatan strategis yang dibutuhkan, yakni Direktur Utama, Direktur Administrasi dan Keuangan, Direktur Palayanan, dan Direktur Operasional. ***

Penulis: M Taufik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved