Breaking News:

Berita Surabaya

Sebulan Diluncurkan, Sudah Ada 892 Peserta Daftar Program Jaminan Kesehatan Semesta di Surabaya

Pendaftar program Jaminan Kesehatan Semesta (JKS) di Kota Surabaya mencapai 892 orang, setelah sebulan diluncurkan.

SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Sosialisasi program Jaminan Kesehatan Semesta (JKS) di kelurahan, Kota Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pendaftar program Jaminan Kesehatan Semesta (JKS) di Kota Surabaya mencapai 892 orang, setelah sebulan diluncurkan. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun terus melakukan sejumlah sosialisasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menyebut capaian tersebut luar biasa.

“Alhamdulillah satu bulan. Dari angka 892 merupakan gabungan pendaftar dari rumah sakit maupun kelurahan dan angka ini masih terus bertambah tiap jamnya,” papar dia, Sabtu (1/5/2021).

Ke depan, harap Feny sapaan akrab Kadinkes Kota Surabaya, semakin banyak lagi warga Surabaya yang memanfaatkan layanan JKS. Dia kembali menekankan agar warga segera mendaftarkan diri menjadi kepesertaan JKS.

Bagi warga yang berada di kondisi masih sehat, segera mendaftar. Tidak menunggu sakit. Pendaftaran bisa di kelurahan.

"Tetapi untuk warga yang sedang sakit tetap dilayani di puskesmas terdekat. Untuk mekanisme rujukan tetap berjenjang,” katanya.

Saat ini, Pemkot Surabaya melalui Dinkes terus melakukan berbagai inovasi. Utamanya, dalam rangka mensosialisasikan penerapan Universal Health Coverage (JKS).

Di antaranya, sosialisasi diperuntukkan bagi petugas kelurahan untuk mempelajari aplikasi Edabu Jamkesda BPJS Kesehatan.

Aplikasi Edabu Jamkesda BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan untuk memasukkan data warga.

Aplikasi ini, hanya dapat diakses oleh internal Pemkot Surabaya dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Seluruh staf kelurahan mendapatkan pengarahan penggunaan aplikasi itu dari petugas puskesmas di masing-masing wilayah.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved