Breaking News:

Berita Lumajang

Satlantas Polres Lumajang Atur Skenario Lalu Lintas Saat Aturan Larangan Mudik Berlaku

Petugas gabungan memberhentikan dan memeriksa kendaraan asal luar Kota Lumajang yang melintas di depan Kantor Timbangan Provinsi Jawa Timur

SURYA.CO.ID/Tony Hermawan
Satlantas Polres Lumajang saat menggelar simulasi penyekatan larangan mudik di depan Kantor Timbangan Provinsi Jawa Timur, di Kecamatan Klakah, Sabtu (1/5/2021). 

SURYA.CO.ID, LUMAJANG - Jajaran Satlantas Polres Lumajang melakukan simulasi penyekatan pemudik di ruas Jalan Klakah, Sabtu (1/5/2021).

Petugas gabungan memberhentikan dan memeriksa kendaraan asal luar Kota Lumajang yang melintas di depan Kantor Timbangan Provinsi Jawa Timur, di Kecamatan Klakah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, sebab mulai tanggal 6-17 Mei pemerintah menerapkan larangan mudik lebaran 2021 guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menurut Kasatlantas Polres Lumajang, AKP Bayu Halim Nugroho, dalam kegiatan ini disimulasikan 3 skenario penyekatan.

Skenario pertama, petugas akan melakukan filterisasi kendaraan. Semua kendaraan yang berasal dari luar Lumajang akan ditanya asal pengguna kendaraan.

"Jadi ketika ada plat nomor luar rayonisasi dan dicurigai pemudik maka langsung kami suruh putar balik," katanya.

Sedangkan pada skenario kedua, pengendara yang lolos pemeriksaan akan dilakukan di cek kesehatan. Ini dilakukan untuk menentukan apakah pengendara layak atau tidak melanjutkan perjalanan.

"Jadi gunanya pos kesehatan semua yang sudah masuk di pos 2 semua pasti akan mendapatkan pengecekan suhu tubuh, dan tim medis juga akan melakukan tes rapid anti gen," ujarnya.

Sedangkan pada skenario ketiga, petugas akan memonitoring kendaraan-kendaraan yang lolos bisa masuk Lumajang. Pengendara yang diperbolehkan masuk Lumajang akan dibekali surat rekomendasi dari pihak polisi.

"Di pos Jembatan timbangan klakah ini kami siapkan juga sebuah surat rekomendasi gunanya untuk memudahkan petugas untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan-kendaraan yang memasuki pos penyekatan," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Tony Hermawan
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved