Breaking News:

Berita Jember

Puluhan Pekerja Migran Sudah Tiba di Jember, Wajib Karantina Mandiri Diawasi Satgas

Pemerintah Kabupaten Jember menjemput ke-39 orang pekerja migran dari lokasi karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Satgas Penanganan Covid-19 Jember menjemput pekerja migran asal Jember yang baru pulang dari luar negeri. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - 39 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) telah tiba di Kabupaten Jember selama dua hari, pada Jumat (30/4/2021) dan Sabtu (1/5/2021). Mereka adalah warga Jember yang bekerja di luar negeri dan mudik dalam rangka Idul Fitri.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menjemput ke-39 orang PMI itu dari lokasi karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"PMI asal Jember memang sudah mulai ada yang pulang. Tapi mulai 28 April kemarin sudah dilakukan swab dan karantina selama dua hari di Asrama Haji Sukolilo. Kemudian mereka yang dinyatakan negatif hasil swab, dijemput oleh petugas Dinas Perhubungan Jember di Surabaya dan dikawal sampai ke Jember," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Habib Salim, Sabtu (1/5/2021).

Ke-39 orang itu terdiri atas 16 orang dijemput pada Jumat (30/4/2021), dan 23 orang dijemput pada Sabtu (23/4/2021).

Habib menuturkan perihal mekanisme penjemputan para PMI itu dari tingkat provinsi hingga sampai ke rumah masing-masing. Penjemputan yang kemudian diikuti sampai ke tingkat pengawasan di tingkat desa dan kelurahan.

Habib menegaskan, mereka yang bisa pulang ke Jember adalah mereka yang sudah dinyatakan negatif dari hasil swab oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

PMI asal Jember juga tidak bisa pulang sendiri, namun dijemput oleh petugas dari Pemkab Jember, yakni Dinas Perhubungan.

Setibanya di Jember, mereka diturunkan di tiga posko pemulangan yakni Kecamatan Tanggul, Kecamatan Rambipuji dan Kaliwates.

"Jika PMI itu tersebar dari beberapa kecamatan, maka Satgas tingkat kecamatan yang menjemput di posko penurunan PMI, di tiga posko tersebut. Selanjutnya, Satgas Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan yang mengawal mereka sampai ke kecamatan masing-masing," lanjut Habib.

Posko Kecamatan Tanggul untuk pemulangan PMI tujuan Kecamatan Tanggul, Jombang, Kencong, Sumberbaru, Gumukmas, Umbulsari, dan Semboro.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved