Breaking News:

Citizen Reporter

Kenalkan Kimia Dasar ke Anak-anak RA, 3 Dosen UTM Ajari Cara Mudah Menghapus Noda Cat di Tangan

Tiga dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) berbagi pengalaman tentang kimia pada anaka-anak RA Bakti Telang.

istimewa
Anak-anak RA Bakti Telang, Kamal, Bangkalan diajari kimia oleh 3 dosen UTM. 

SURYA.CO.ID - Tiga dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) berbagi pengalaman tentang kimia pada anak usia dini di RA Bakti Telang, Kamal, Bangkalan, Selasa (6/4/2021).

Setelah anak-anak melakukan kegiatan rutin berdoa dan praktik salat di pagi hari, Rendi, Fikri N, dan Fajar LTA, tiga dosen UTM, beraksi mengantikan guru. Mereka menjadi guru tamu sehari.

Sebelum praktik kimia dimulai dengan tujuan mengenalkan warna pada anak usia dini, anak-anak dihibur terlebih dulu dengan permainan sulap oleh Fajar.

Tujuannya agar anak merasa nyaman dan tidak takut dengan kedatangan orang asing yang baru dikenalnya.

Ketika anak-anak sudah dapat dikondisikan, Rendi dan Fikri mulai beraksi mengajarkan permainan mengenal warna menggunakan konsep senyawa polar-nonpolar.

Selain itu, anak diajarkan juga memprediksi suatu cairan dari bahan kimia seperi bensin, pertalite, minyak goreng, serta oli yang dapat larut dan tidak larut bila dicampur.

Kegiatan itu juga mengajarkan anak cara mengatasi masalah yang berhubungan tentang kelarutan suatu senyawa kimia.

Misalnya, lebih mudah menghapus noda cat di tangan atau di suatu benda dengan menggunakan alkohol dari pada dengan menggunakan air.

Itu merupakan konsep dasar yang dapat dipelajari oleh anak usia dini tentang kimia dasar dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam ilmu kimia juga terdapat senyawa-senyawa kimia yang berwarna-warni seperti pertamax warna biru, pertalite warna hijau, dan oli bekas warna hitam sehingga dapat merangsang imajinasi anak.

Halaman
123
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved