Breaking News:

Berita Jember

Unej Luncurkan Halal Center, Akan Jadi Pusat Kajian dan Pengembangan Ekonomi Syariah

Universitas Jember membentuk Halal Center yang akan menjadi pusat kajian dan pengembangan ekonomi syariah di wilayah Tapal Kuda.

Istimewa/Humas Unej
Rektor Unej, Iwan Taruna saat peluncuran Halal Center Universitas Jember, Jumat (30/4/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Universitas Jember (Unej) membentuk Halal Center. Halal center itu nantinya akan menjadi pusat kajian dan pengembangan ekonomi syariah di wilayah Tapal Kuda. Halal Center juga akan membuat program pemberdayaan komunitas Muslim.

Peluncuran dan pengenalan Halal Center dilakukan di Masjid Universitas Jember, Al Hikmah, Jumat (30/4/2021).

Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna mengatakan, selama ini Universitas Jember telah melakukan berbagai kegiatan Tri Dharma di bidang ekonomi syariah.

Keberadaan Halal Center tersebut akan menjadi wadah melakukan kajian dan pengembangan ekonomi masyarakat yang berbasis syariah.

Iwan mencontohkan, peneliti Unej sudah pernah melakukan riset terkait minat masyarakat terhadap wisata halal di Kabupaten Banyuwangi.

Ketika itu, hasil riset tersebut disampaikan kepada bupati Banyuwangi.

“Hasil riset kami kami sampaikan kepada bupati Banyuwangi untuk dijadikan pertimbangan dalam mengembangkan wisata halal di Banyuwangi,” ujar Iwan.

Menurut Iwan, selain memiliki empat kelompok riset yang berfokus pada pada ekonomi syariah, Universitas Jember kini juga tengah serius dalam melakukan pendampingan pada UMKM yang ada di Bondowoso.

“Ada juga dua desa binaan di Bondowoso yang menjadi lokasi pengabdian kepada masyarakat terkait penerapan ekonomi syariah, yakni di Desa Dawuhan (Kecamatan Tenggarang) dan Desa Karanganyar (Kecamatan Tegalampel),” lanjut Iwan.

Sementara itu, Ketua Halal Center Unej yang juga Ketua Badan Pengembangan Industri Halal MUI Jatim, M Fathorrazi mengatakan, berdirinya Halal Center di Universitas Jember bukanlah sesuatu yang tiba-tiba. Sebab, Universitas Jember telah melakukan banyak riset terkait perkembangan industri halal.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved