Breaking News:

Berita Surabaya

Ratusan Pekerja Migran Jatim yang Mudik Sudah Memasuki Tempat Karantina di Asrama Haji Surabaya

Gelombang kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur sudah mulai masuk di tempat karantina Asrama Haji Sukolilo Surabaya

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
Istimewa/Dokumentasi RSLI
Penanggung jawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara dan Ketua PPKPC RSLI, Radian Jadid bersama para tenaga medis. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gelombang kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur sudah mulai masuk di tempat karantina Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (30/4/2021).

Dari 1.400 orang yang akan pulang ke berbagai wilayah di Jawa Timur, tidak kurang dari 400 orang sudah mudik dikarenakan sudah selesai ataupun rehat dari kontrak kerja mereka di luar negeri.

Seperti yang sudah disepakati bersama dalam rakor antar stakeholder penanganan Covid 19, semua PMI yang masuk di Jawa Timur pintu gerbangnya melalui Surabaya.

Mereka akan dikarantina di Asrama Haji Sukolilo, selanjutnya akan dilakukan pengambilan spesimen swab PCR kemudian dikirimkan sampelnya guna pengolahan lebih lanjut di tiga tempat yang ditunjuk. Yaitu RS Bhayangkara, RS Brawijaya dan PCR Mobile milik Dinkes kota dengan hasil pemeriksaan bisa selesai/keluar dalam waktu satu hari.

Bagi yang terkonfirmasi positif covid-19, akan dikirim ke Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya (RSLI) untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Penanggung jawab RSLI menyatakan, pihaknya sudah mempunyai pengalaman dalam menangani pasien Covid-19 yang berasal dari luar negeri.

Selama ini, bagi mereka yang datang dari penerbangan luar negeri akan dikarantina dan dilakukan swab PCR di Balai Diklat Kementerian Agama di Ketintang Surabaya, dan yang terkonfirmasi positif langsung dikirim ke RSLI untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Mulai akhir Mei 2020, hingga Akhir April 2021 ini, RSLI telah menangani setidaknya 112 orang yang berasal dari Malaysia, Singapura, Hongkong dan Arab Saudi. Semuanya telah ditangani dengan baik, menjalani isolasi dan penyembuhan di RSLI dan sudah dinyatakan sembuh serta dipulangkan ke daerah asal," ujarnya.

Salah satu dokter relawan di RSLI, dr Agrasenfani Hadi juga menambahkan, untuk persiapan penanganan PMI mereka nantinya akan ditempatkan pada ruangan khusus dan tidak dicampur dengan pasien lainnya.

Hingga saat ini, pasien lokal dari berbagai daerah di Jawa Timur yang masuk ke RSLI ditempatkan di Mars, Jupiter, Graha A dan Graha B.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved