Breaking News:

Berita Sidoarjo

Lowongan di Jajaran Direksi PDAM Sidoarjo Begitu Menggiurkan, Sudah Ada 61 Orang Mendaftar

Sejumlah pihak mendesak agar rekrutmen transparan dan bersih agar menghasilkan direksi yang bisa membawa PDAM Sidoarjo lebih maju

surabaya.tribunnews.com/m taufik
Anggota DPR RI, Bambang Haryo (kanan) saat bertemu dengan Dirut PDAM Sidoarjo beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Meski dipastikan seleksi sangat ketat, rekrutmen posisi 'basah' di jajaran direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo menarik minat banyak pendaftar. Sampai Jumat (30/4/2021), tercatat sudah ada 61 orang yang mendaftarkan diri dari berbagai kalangan.

Dari sedikitnya 61 pendaftar itu, masing-masing ada 10 orang mengadu nasib sebagai Direktur Utama, 13 orang mendaftar Direktur Operasional, sementara pendaftar Direktur Pelayanan ada 22 orang, serta Direktur Administrasi dan Keuangan 14 orang. Juga ada dua orang mendaftar tanpa keterangan.

"Hari ini terakhir pendaftaran, sampai sekira pukul 15.00 WIB, terhitung sudah ada 61 orang pendaftar," kata Ainur Rohman, ketua Panitia Seleksi Direksi PDAM dari Pemkab Sidoarjo, Jumat (30/4/2021).

Setelah mebdaftaran, proses penjaringan akan dilanjutkan seleksi admistrasi yang dijadwalkan digelar Minggu (2/5) besok. Kemudian proses akan mengerucut pada pemenang atau pihak terpilih dalam rekrutmen direksi PDAM Sidoarjo.

Sejumlah pihak mendesak agar rekrutmen digelar transparan dan benar-benar bersih agar menghasilkan direksi yang bisa membawa PDAM Sidoarjo lebih maju, serta lebih baik dalam melayani kebutuhan warga.

Ketua panitia khusus (pansus) DPRD Sidoarjo untuk raperda perubahan nama PDAM Delta Tirta, Choirul Hidayat, juga memberi warning agar tidak ada bermain-main kepentingan dalam rekrutmen ini. Apalagi jabatan Direksi PDAM disebut-sebut cukup prestisius.

Menurut Hidayat, pansus sebenarnya sangat berharap agar legislatif dilibatkan saat pembentukan panitia seleksi untuk perekrutan jajaran direksi PDAM. Dan hal itu sebenarnya sudah tertuang dalam draft raperda yang saat ini sedang dalam tahapan finalisasi.

"Sayangnya belum sempat disahkan raperda-nya, malah sudah dibuka perekrutannya. Jadi kami tidak bisa apa-apa sekarang," kata politisi PDIP tersebut.

DPRD Sidoarjo melalui Pansus PDAM memang tengah menggodok dua raperda terkait PDAM Delta Tirta. Pertama soal perubahan nama PDAM Delta Tirta, dan kedua adalah penyertaan modal untuk perusahaan daerah itu.

Selain menggelar pertemuan dengan eksekutif dan manajemen PDAM, pansus juga sudah sempat menggelar hearing publik. Tujuannya untuk menampung aspirasi warga. Tentunya terkait sejumlah pelayanan dari PDAM selama ini.

Sebelum perda selesai, Pemkab Sidoarjo malah sudah membuka rekrutmen direksi PDAM. Ada empat jabatan strategis yang dibutuhkan, yakni Direktur Utama, Direktur Administrasi dan Keuangan, Direktur Palayanan, dan Direktur Operasional.

Rekrutmen dibuka sejak 26 April lalu dan ditutup pada 30 April 2021. Dan sejak rekrutmen ini dibuka, berbagai spekulasi pun muncul di berbagai kalangan. Mereka berharap, rekrutmen benar-benar sesuai aturan dan memilih direksi yang kompeten. ****

Penulis: M Taufik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved