Breaking News:

Berita Surabaya

Warga Surabaya Urus Berkas Cukup di Kelurahan dan Kecamatan

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memindahkan pelayanan kependudukan kelurahan dan kecamatan. Sebelumnya, urusan administrasi di Siola.

SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. 

Urus Berkas Cukup di Kelurahan dan Kecamatan se-Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memindahkan pelayanan kependudukan kelurahan dan kecamatan. Sebelumnya, urusan administrasi banyak berfokus di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Siola.

Kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah menyediakan 185 titik layanan administrasi kependudukan (adminduk). Sehingga, pengurusan adminduk saat ini cukup dilakukan di kelurahan dan kecamatan masing-masing.

“Teman-teman Dispenduk sudah diturunkan ke seluruh kelurahan sebanyak 154 orang. Satu kelurahan satu orang," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji.

Sebelumnya, pihaknya baru merintis di 31 kantor kecamatan. Sehingga total sekarang 185 petugas yang ada di kelurahan dan kecamatan.

"Dalam bahasa lainnya sudah ada 185 titik layanan yang kami sediakan se-Kota Surabaya,” tegas Agus di ruang kerjanya, Kamis (29/4/2021).

“Tentu harapan kami warga semakin dimudahkan karena sudah dekat dengan rumahnya masing-masing,” katanya.

Berikutnya, pelayanan di Gedung Siola atau di kantor Dispendukcapil Surabaya hanya dikhususkan untuk melayani perekaman KTP baru atau untuk foto KTP baru.

“Jadi, pelayanan di Siola itu hanya sebagai alternatif bagi warga yang mungkin berangkat kerja pagi-pagi dan kantornya di tengah kota, maka alternatifnya bisa dilayani di Siola. Tapi pelayanan di Siola itu memang dikhususkan untuk perekaman KTP baru,” ujarnya.

Agus juga merinci beberapa administrasi kependudukan yang bisa diurus di kelurahan dan kecamatan. Khusus di kelurahan, warga bisa mengurus akta kelahiran, akta kematian, legalisir, dan pelayanan adminduk yang membutuhkan penetapan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

"Layanan adminduk yang bisa diurus di kelurahan ada 4 jenis pelayanan. Di dalamnya, ada banyak item tambahan, seperti pelayan yang terintegrasi dengan PN, itu ada 17 pelayanan,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved