Breaking News:

Berita Sidoarjo

Rekrutmen Direksi PDAM Rawan Kepentingan, DPRD Sidoarjo Berharap Tak Ada Permainan

PDAM menjadi Perumda, Choirul Hidayat, berharap rekrutmen berlangsung baik, terbuka dan tanpa ada permainan

surabaya.tribunnews.com/m taufik
Anggota DPR RI, Bambang Haryo (kanan) saat bertemu dengan Dirut PDAM Sidoarjo, Selasa (16/4/2019). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Rekrutmen untuk mengisi jajaran Direksi PDAM Delta Tirta sejak 26 April lalu, ternyata mulai memunculkan berbagai spekulasi. Banyak kalangan berharap proses rekrutmen beberapa posisi penting di PDAM itu berlangsung tanpa ada permainan.

Seperti diketahui, ada empat jabatan strategis yang dibutuhkan di PDAM, yakni Direktur Utama, Direktur Administrasi dan Keuangan, Direktur Pelayanan, dan Direktur Operasional. Rekrutmen dibuka sejak 26 April dan akan ditutup 30 April 2021 mendatang.

Ketua Pansus DPRD Sidoarjo terkait Raperda perubahan nama PDAM menjadi Perumda, Choirul Hidayat, berharap rekrutmen berlangsung baik, terbuka dan tanpa ada permainan.

Menurut Choirul, rekrutmen ini sangat rawan dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang memiliki kepentingan pribadi. "Harus diwaspadai," kata Dayat, panggilan Choirul Hidayat, Kamis (29/4/2021).

Pihaknya berulang kali mendesak agar rekrutmen digelar secara terbuka. Supaya potensi kerawanan bisa ditekan atau diminimalisir.

"Jabatan di PDAM itu sangat menggiurkan. Sehingga sangat rawan untuk dimanfaatkan sejumlah pihak terkait yang memiliki kepentingan pribadi. Sedangkan, kebutuhannya ialah orang yang benar-benar berkompeten di bidang itu," lanjutnya.

Ia mengaku pihaknya sangat berharap agar legislatif dilibatkan saat pembentukan panitia seleksi untuk perekrutan jajaran direksi PDAM ini. Hal ini bahkan sudah tertuang dalam draft raperda yang saat ini sedang dalam tahapan finalisasi.

"Tetapi sayangnya, sebelum raperda itu disahkan, rekrutmen sudah dibuka. Jadi kami tidak bisa apa-apa sekarang. Kami hanya bisa berharap, rekrutmen benar-benar transparan dan profesional," imbuhnya.

Pofesionalitas dalam rekrutmen ini sangat penting. Sebab, saat jajaran direksi nanti sudah terpilih dan raperda sudah disahkan, PDAM Delta Tirta akan berganti nama menjadi Perumda. Artinya, rekrutmen PDAM akan menjabat di Perumda Delta Tirta.

"Saat (PDAM) sudah berganti nama (menjadi Perumda) ini, maka akan ada yang namanya penyertaan modal yang melibatkan pihak luar. Kami hanya khawatir, kalau diisi orang yang berkepentingan secara pribadi, tentunya akan merugikan masyarakat Sidoarjo secara umum," sebutnya. ***

Penulis: M Taufik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved