Breaking News:

Berita Jember

Masih Layani Penjualan Tiket Sampai 5 Mei, PT KAI Daop 9 Jember Tunggu Ketentuan Larangan Mudik

Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal mengatakan bahwa PT KAI Daop Jember saat ini masih melayani penjualan tiket hingga 5 Mei

Istimewa/Dokumen
Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Seperti halnya Terminal Tawangalun, pihak PT KAI Daerah Operasi 9 Jember juga belum memastikan apakah akan melanjutkan layanan angkutan kereta api (KA) pada 6-17 Mei 2021. Tetapi sampai saat ini, pihak KAI Daop 9 Jember tidak membuka penjualan tiket keberangkatan di tanggal tersebut.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal mengatakan bahwa PT KAI Daop Jember saat ini masih melayani penjualan tiket hingga 5 Mei. Penjualan tiket kemudian berlanjut pada 18 - 31 Mei 2021.

Sementara untuk penjualan tiket keberangkatan 6 - 17 Mei 2021, sejauh ini tidak dibuka. Tanggal 6 - 17 Mei 2021 merupakan waktu yang ditentukan oleh pemerintah terkait larangan mudik saat Idul Fitri 2021. "KAI Daop 9 tentu akan mematuhi dan mendukung seluruh kebijakan pemerintah," ujar Broer Rizal, Kamis (29/4/2021).

Selama KA beroperasi, lanjutnya, para petugas KAI Daop 9 Jember selalu memantau penerapan protokol kesehatan para pelanggan KA. Sebab petugas kerap kali menemukan penumpang KA yang tidak memakai masker secara baik, seperti pemakaian masker yang tidak menutupi hidung dan mulut.

Antar penumpang kadang kala juga masih mengabaikan penjagaan jarak. "Tentu petugas tidak henti mengingatkan para pelanggan. Namun jika mereka sengaja mengabaikan, maka dengan tegas akan diturunkan di stasiun KA terdekat atau dilarang menggunakan KA," tegas Rizal.

Sementara Plh Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Radhitya Mardika Putra menambahkan, sejauh ini memang tidak ada penjualan tiket untuk keberangkatan tanggal 6 - 17 Mei 2021. "Untuk detail pengoprasian KA, apa yang dibolehkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (tanggal 6 - 17 Mei), masih belum tahu. Kami menunggu informasi lebih lanjut," ujar Radhit.

Berdasarkan data, pemesanan tiket KA api di bulan April ini tidak mengalami peningkatan secara signifikan. Per hari rata-rata penjualan tiket mencapai 2.700 lembar.

"Sementara penjualan Mei, kami masih menunggu terkait detil moda transportasi KA di KAi Daop 9 Jember. Tentunya kami mendukung kebijakan pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia," tegasnya.

Radhit juga menambahkan informasi tentang keberangkatan kembali KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap dan KA Mutiara Timur relasi Ketapang – Yogyakarta pada Ramadhan ini, meskipun tidak setiap hari. KA Wijayakusuma beroperasi pada 29 - 30 April, serta 1-5 Mei 2021, kemudian KA Mutiara Timur beroperasi pada 1-5 Mei 2021. ****

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved