Breaking News:

Berita Trenggalek

Lantik 15 Kades di Kabupaten Trenggalek, Seperti Ini Pesan Bupati Mas Ipin

Sebanyak 15 kepala desa (kades) yang menang dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) beberapa waktu lalu dilantik

surya.co.id/aflahul abidin
Proses pelantikan 15 kepala desa baru di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Kamis (29/4/2021). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Sebanyak 15 kepala desa (kades) yang menang dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) beberapa waktu lalu dilantik di Pendopo Kabupaten, Kamis (29/4/2021).

Saat melantik para kades, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berpesan agar kades fokus bekerja untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di daerah masing-masing.

Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu meminta para kades untuk memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan semakimal mungkin di setiap kegiatan yang digelar oleh desa.

“Tugas para kades, setiap ada yang positif, mereka harus mendapat penanganan di rumah sakit atau tempat karantina punya pemeirntah. Jangan biarkan isolasi mandiri tanpa pengawasan. Kalaupun harus isolasi mandiri, pastikan ada pembatasan sosial,” kata Mas Ipin.

Baca juga: Ibu Muda Pembunuh Bocah 4 Tahun di Ambunten Sumenep, Tak Hiraukan Rengekan Korban

Baca juga: Polres Lamongan Tak Beri Kesempatan Pembalap Liar, Ini Cara Membuat Mereka Tak Berkutik

Baca juga: Ada Edaran Siswa SMKN 1 Ponorogo Masuk 100 Persen, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

Menjelang Lebaran, ia juga mengajak para kades untuk menyosialisasikan larangan mudik kepada para keluarga di tempat yang mereka pimpin.

Mudik Lebaran memiliki potensi ledakan kasus Covid-19.

"Kita sama-sama tahu, di India sekarang kondisi penularan Covid-19 sedang tidak terkendali. Salah satunya karena warganya mengikuti sebuah kegiatan secara masif tanpa penerapan prokes. Jangan sampai kondisi seperti itu terjadi di Indonesia, khususnya di Trenggalek,” sambungnya.

Ketika saat Lebaran nanti, para kades juga diminta untuk mengawasi kegiatan menyambut Hari Raya para warganya.

“Yang penting adalah memunculkan kearifan lokal di daerah masing-masing untuk mengajak para warganya taat terhadap prokes. Ini menurut saya penting untuk dihadirkan,” ujar Mas Ipin.

Selain itu, Mas Ipin juga berpesan agar para kades berfokus pada pemulihan ekonomi dampak pandemi.

Salah satunya, mereka bisa mendukung program penumbuhan 5 ribu wirausahawan baru dan penumbuhan 100 desa wisata.

“Untuk para Pak Kades, saya minta desa wisata dihidupkan. Harus rame, harus didatangi orang. Ini yang akan membantu meningkatkan ekonomi sekitar. Nanti akan kami lombakan sebagai parawisata desa berkelanjutan. Ada hadiah berupa dana insentif,” terang dia.

BACA BERITA TRENGGALEK LAINNYA

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved