Breaking News:

Berita Bondowoso

Hasil Evaluasi Tim Badan Geologi Kementerian ESDM terhadap Ijen Geopark di Wilayah Bondowoso

Tim Badan Geologi Kementerian ESDM mengunjungi wilayah Ijen Geopark di Banyuwangi dan Bondowoso beberapa hari lalu.

surya.co.id/danendra kusumawardana
Tim Badan Geologi Kementerian ESDM melakukan evaluasi Ijen Geopark di kawasan Bondowoso. 

SURYA.co.id, Bondowoso - Tim Badan Geologi Kementerian ESDM mengunjungi wilayah Ijen Geopark di Banyuwangi dan Bondowoso beberapa hari lalu.

Maksud kedatangan mereka untuk melakukan pengecekan serta evaluasi progres Ijen Geopark.

Dua kabupaten di wilayah timur Jawa itu jauh hari sudah mempersiapkan segala hal untuk mensukseskan pengajuan Ijen Geopark.

"Kunjungan itu berkaitan dengan evaluasi atas progress sebelum assestment bulan Juli mendatang dari tim UNESCO terhadap Ijen Geopark," kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Arif Setyo Raharjo, Kamis (29/4/2021).

Ijen Geopark wilayah Bondowoso mendapat giliran dikunjungi tim Badan Geologi Kementerian ESDM Hanang Samodra dan Aris Kusworo, pada 27 dan 28 April, kemarin. Mereka didampingi tim dari Provinsi Jawa Timur.

"Pengecekan dari Tim Kementerian ESDM sangat diperlukan. Mereka cukup antusias dan memberikan beberapa saran teknis, mengenai geosite, biosite, culture site, pemberdayaan ekonomi masyarakat, konservasi alam dan edukasi," ungkapnya.

Tim Badan Geologi Kementerian ESDM didampingi tim Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) Bondowoso mengelilingi beberapa lokasi Ijen Geopark, terutama ke situs geologi.

Situs geologi itu yakni, Paltuding Ijen, Kalipait, Kawah Wurung, Aliran Lava Plalangan, Kompleks Mata Air Panas Blawan, Puncak Dinding Kaldera Ijen Megasari, dan Kebun Kopi Kluncing.

"Tim melakukan perjalanan geotrail situs-situs Ijen Geopark wilayah Bondowoso.

Mereka mengapresiasi dan cukup puas dengan progress yang ada," terangnya.

Setelah melakukan kunjungan ke sejumlah situs, rombongan melanjutkan evaluasi hasil pre-assessment Ijen Geopark bersama Tim Asesor Pusat, Bappeda Provinsi, PHIG Bondowoso - Banyuwangi dan 16 OPD Teknis Bondowoso.

Selain itu, juga bertemu dengan Wabup Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat.

Ada beberapa hal yang menjadi evaluasi, seperti, penambahan rambu-rambu menuju situs Ijen Geopark dan penanda arah.

"Selain itu, perbaikan akses jalan dari situs Kalipait dan menuju kompleks mata air panas Blawan harus segera diperbaiki. Komitmen Pemkab Bondowoso sangat kuat guna mensukseskan Ijen Geopark ini," pungkasnya.

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved