Breaking News:

Berita Pasuruan

Warga Kota Pasuruan Opo Sambate, Gus Ipul Persilakan Mengadu di Aplikasi e-Sambat

e-Sambat adalah aplikasi yang memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengadu dan mengeluh kepada Pemkot Pasuruan.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Deddy Humana
Warga Kota Pasuruan Opo Sambate, Gus Ipul Persilakan Mengadu di Aplikasi e-Sambat - aplikasi-untuk-menampung-keluhan-warga-pasuruan-1.jpg
surya/galih lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf meresmikan aplikasi e-Sambat untuk menampung keluhan warga, Rabu (28/4/2021).
Warga Kota Pasuruan Opo Sambate, Gus Ipul Persilakan Mengadu di Aplikasi e-Sambat - aplikasi-untuk-menampung-keluhan-warga-pasuruan-22.jpg
surya/galih lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf meresmikan aplikasi e-Sambat untuk menampung keluhan warga, Rabu (28/4/2021).

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Pelayanan pada masyarakat bisa meningkat, salah satunya karena didorong adanya keluhan atau komplain. Warga Kota Pasuruan kini bisa menemukan cara agar keluhannya terkait pelayanan publik bisa langsung didengar pimpinan daerah, yaitu cukup sambat (mengeluh) dengan memakai aplikasi e-Sambat.

Aplikasi bernama unik itu diresmikan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di halaman Radio Ramapati FM, Taman Kota Pasuruan, Rabu (28/4/2021). Menurut Gus Ipul, e-Sambat adalah aplikasi yang memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengadu dan mengeluh kepada Pemkot Pasuruan.

Masyarakat Kota Pasuruan dipersilakan menyampaikan atau mengeluhkan apapun terkait pelayanan di Pemkot Pasuruan. Mereka hanya cukup mendownload aplikasi e-Sambat di PlayStore. Setelah itu masukkan data diri, dan sampaikan keluhan kepada pemkot.

Gus Ipul menekankan bukan hanya sekadar seremonial. Tetapi ia ingin memastikan semua aspirasi masyarakat bisa tertangani melalui aplikasi ini. "Tidak boleh seperti sebelumnya. Harus ada tindak lanjutnya. Jadi, secepat mungkin apapun aspirasi yang disampaikan, harus segera dicarikan solusi," tegas Gus Ipul saat peresmian.

Ditambahkan Gus Ipul, semua keluhan terhadap pelayanan publik harus didasari data pelapor yang lengkap dan ber-KTP Kota Pasuruan. Maka dari itu, laporan harus mencantumkan NIK.

Tidak hanya itu, dalam aplikasi ini pelapor juga bisa menambahkan foto atau lokasi yang dikeluhkan oleh masyarakat Kota Pasuruan. Setelah disampaikan, Pemkot Pasuruan segera merespon dan menindaklanjuti keluhan dari masyarakat dengan memberi solusi.

Gus Ipul mengatakan, e-Sambat adalah salah satu janjinya bersama Wawali Adi Wibobo saat berkampanye yakni memberikan wadah kepada masyarakat untuk mengadu.

"Program ini sebenarnya banyak diterapkan di beberapa daerah lain. Sekalipun namanya tidak sama. Tetapi e-Sambat yang dilaunching ini jelas beda," terang mantan Wakil Gubernur Jatim dua periode ini.

Menurutnya, respon harus diberikan secepat mungkin. Semisal, ada warga yang mengeluhkan jalan berlubang, maka harus segera direspons dinas terkait. "Semisal tidak bisa dilakukan saat itu juga, minimal ada jawaban sebagai respon dari Pemkot Pasuruan. Butuh waktu lima hari ya ditulis saja lima hari," jelasnya.

Dan yang terpenting, imbuh Gus Ipul, jangan menggantung keluhan atau aspirasi masyarakat tanpa ada jawaban atau tanggapan yang baik. "Harapannya saya, OPD juga semua terlibat. Jadi harus tanggap sekiranya itu menjadi kewenangan OPD terkait harus segera ditindaklanjuti," paparnya.

Ia mengaku akan terus memantau dan jika ada OPD yang kurang tanggap maka ia sendiri yang akan memberikan teguran dan sanski. Sebaliknya, lanjut Gus Ipul jika semuanya tanggap dan memberikan solusi dengan cepat, akan mendapatkan reward dan apresiasi.

"Ini pelayanan terukur. Kita manfaatkan teknologi untuk memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat Kota Pasuruan," sambungnya.

Ia lantas mengatakan, semua aplikasi dan program yang dilaunching nantinya akan terintegrasi dan muaranya di e-Sambat ini. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada OPD yang mau diajak berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Gus Ipul.

Terakhir, ia kembali menegaskan jika pemkot akan menjamin semua kebutuhan masyarakat Kota Pasuruan lewat terobosan dan inovasi. "Kami tetap berkomitmen mewujudkan Kota Pasuruan menjadi Kota Madinah, maju ekonominya, indah kotanya, dan harmoni warganya," pungkasnya. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved