Breaking News:

Berita Jember

Bedhol Desa, Jember Pindahkan Pusat Pemerintahan pada 2022; Gedung DPRD pun Menjulang Tujuh Lantai

Pusat pemerintahan yang bakal dipindah adalah gedung Pemkab Jember, kantor-kantor OPD, juga gedung DPRD Jember.

surya/sri wahyunik
Bupati Jember, Hendy Siswanto bertemu dengan jajaran Sekretariat DPRD Jember, Rabu (28/4/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Tidak hanya ibu kota RI yang diwacanakan untuk dipindah, Pemkab Jember pun bakal memindahkan pusat pemerintahannya mulai tahun 2022 mendatang. Dan Bupati Jember, Hendy Siswanto serius mewacanakan pemindahan pusat pemerintahan itu.

Bupati Jember terpilih di Pilkada 2020 itu menyebut, rencana pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Jember bakal dimulai pada 2022. Di mana pusat pemerintahan rencananya dipindahkan ke Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang.

Pusat pemerintahan yang bakal dipindah adalah gedung Pemkab Jember, kantor-kantor OPD, juga gedung DPRD Jember. “Jadi gedung Pemkab, kantor OPD dan Gedung DPRD, kami mulai pindahkan pada 2022,” ujar Bupati Hendy, Selasa (28/4/2021).

Rencana pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Jember itu juga sudah disampaikan bupati ketika mendengar pemaparan program kerja dari Sekretariat DPRD Jember. Hendy menambahkan, sembari menunggu gedung dipindahkan, apabila ada perbaikan-perbaikan yang bisa ditunda, supaya ditunda.

“Kalau perbaikan kecil mungkin bocor, AC itu wajib dikerjakan. Kenapa demikian karena gedung saat ini nantinya tidak akan digunakan. Dan dipindah, lalu kita buatkan gedung DPRD baru di Bintoro,” imbuh Hendy.

Gedung DPRD yang baru nantinya direncanakan dibangun tujuh lantai. Tujuan pemindahan ini untuk menata Jember baru yang lebih baik. Selain itu, kata Hendy, agar semua kantor pemerintahan terintegrasi secara baik.

Menurutnya, kompleks kantor pemerintahan Jember yang tertata juga akan menarik wisatawan datang ke Jember. Hanya, ia tidak menyebut berapa miliar anggaran yang disiapkan untuk 'bedhol desa' alias eksodus pusat pemerintahan tersebut.

Dan awal menjabat sebagai bupati, Hendy menjadikan rencana pemindahan pusat pemerintahan sebagai salah satu program kerjanya bersama Wakil Bupati Jember, KH MB Firjaun Barlaman.

Pusat pemerintahan baru nanti bakal dijadikan satu di Kelurahan Bintoro. Sedangkan kawasan Alun-Alun Kabupaten Jember yang selama ini dikelilingi oleh kantor pemerintahan, bakal menjadi wajah Kota Jember. Alun-Alun itu bakal juga diperbaiki supaya bisa menjadi ikon Kabupaten Jember. ***

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved