Breaking News:

Berita Mojokerto

Rawan Kecelakaan, Jalur Tengkorak Cangar-Pacet Akan Dipasangi Speed Trap

Dishub Jatim wilayah Mojokerto akan memasang Speed Trap di sepanjang jalan rawan terjadinya fatalitas kecelakaan di jalur alternatif Cangar-Pacet.

SURYA.CO.ID/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi - Pengendara melintas speed trap 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur wilayah Mojokerto akan memasang Speed Trap di sepanjang jalan rawan terjadinya fatalitas kecelakaan di jalur alternatif Cangar-Pacet.

Pemasangan Speed Trap ini berfungsi sebagai tanda isyarat bagi pengemudi kendaraan, agar mereka waspada dan mengurangi kecepatan ketika melewati jalan turunan tajam.

Rencana pemasangan Speed Trap di jalur alternatif Cangar-Pacet tersebut sesuai kajian hasil rapat koordinasi Dishub Provinsi Jatim bersama dinas terkait di Kantor UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Selasa (27/4/2021) siang.

Kasi Pengendalian dan Operasional UPT LLAJ Mojokerto Dishub Provinsi Jatim, Yoyok Kristyowahono menjelaskan, pemasangan Speed Trap ini merupakan salah satu skenario yang akan digunakan di jalan alternatif Cangar-Pacet.

Tujuannya juga sekaligus mengantisipasi potensi kecelakaan yang seringkali terjadi di jalur tengkorak tersebut.

"Rencana pemasangan Speed Trap di sepanjang jalur Cangar-Pacet agar orang atau pengemudi kendaraan dikejutkan dulu setelah itu melihat rambu jalan Kurangi Kecepatan agar kendaraan tidak over speed saat melewati jalan turunan tajam," ungkapnya, Selasa (27/4/2021).

Petugas Dishub Provinsi Jatim wilayah Mojokerto, saat ini melakukan monitoring dengan meninjau lokasi untuk merencanakan berapa titik jalan yang akan dipasang Speed Trap di sepanjang jalur alternatif Cangar-Pacet.

"Speed Trap dipasang sebelum dan sesudah rambu lalu lintas 'Kurangi Kecepatan' agar pengemudi kendaraan segera mengurangi kecepatan nantinya akan ada di beberapa titik, makanya ini mau dihitung dulu mana yang akan dipasang," ucap Yoyok.

Menurut dia, jarak pemasangan Speed Trap ini nantinya tidak seperti di jalan tol yang ideal sesuai kilometer. Namun, realisasinya akan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi jalan di jalur alternatif Cangar-Pacet.

"Ya kondisional menyesuaikan jalan dan kebutuhannya dan kenapa dipasang Speed Trap karena mengingat pengemudi kendaraan harus berhati-hati melewati daerah rawan fatalitas kecelakaan," terangnya.

Selain pemasangan Speed Trap, lanjut Yoyok, pihaknya masih berkoordinasi bersama dinas terkait yaitu kawasan UPT Tahura Raden Soerjo tentang wacana penambahan Rest Area di jalur Cangar-Pacet. Rest area ini begitu penting sebagai sarana kendaraan mendinginkan kampas rem sekaligus tempat beristirahat.

"Masih ada dua rest area di sana dan kami masih berkoordinasi dengan Tahura untuk minta penambahan rest area, minimal dua sampai empat di jalur Cangar-Pacet," pungkasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved