Breaking News:

Biodata KH Agus Sunyoto, Ketua Lesbumi PBNU dan Sejarawan Islam Indonesia

Berikut ini biodata KH Agus Sunyoto, Ketua Lesbumi PBNU sekaligus sejarawan Islam yang luruskan peran Wali Songo yang dianggap mitos.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Adrianus Adhi
twitter
KH Agus Sunyoto Ketua Lesbumi PBNU yang meninggal dunia hari ini, Selasa (27/4/2021). 

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Adrianus Adhi

SURYA.CO.ID - Berikut ini biodata Kiai Haji (KH) Agus Sunyoto, Ketua Lesbumi PBNU yang meninggal dunia hari ini, Selasa (27/4/2021) di usia 62 tahun.

Kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh adik KH Agus Sunyoto, Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd.

KH Agus Sunyoto juga dikenal sebagai sejarawan Islam Indonesia yang berani meluruskan peran Wali Songo karena dianggap mitos.

Pengasuh Pesantren Tarbiyatul Arifin, Malang, Jawa Timur tersebut juga senantiasa mengabadikan pemikirannya dalam karya buku, lengkap dengan data-data.

Menurut Wasid Mansyur, Dosen Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dalam tulisannya yang diterbitkan halaqoh.net, keberanian KH Agus Sunyoto meluruskan peran Wali Songo dilakukan sebagai bentuk counter narasi sejarah atas buku Eksiklopedia Islam terbitan Ikhtiar Baru Van Hoeve.

"Buku tersebut menurut Kiai Agus Sunyoto secara sistematis telah berusaha menyingkirkan tokoh-tokoh penyebar Islam abad ke-15 dan abad ke-16 yang berjasa dalam proses pengislaman Nusantara, lih. viii," tulisnya dikutip SURYA.co.id, Selasa (27/4/2021).

Berikut profil dan biodata KH Agus Sunyoto, penulis, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus sejarawan Islam Indonesia selengkapnya:

Profil dan biodata KH Agus Sunyoto

1. Berusia 62 tahun

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved