Breaking News:

Berita Lamongan

Baru 16 Pekerja Migran Menuju Lamongan, Pemkab Sudah Siapkan Rusunawa Khusus

baru sebanyak 16 TKI yang akan dipulangkan dalam waktu dekat ini. Tetapi pemda juga siap mengantisipasi kalau kemungkinan jumlah itu bertambah.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Rusunawa yang siap menampung pekerja migran atau TKI asal Lamongan, salah satunya di Asrama Haji Lamongan, Selasa (27/4/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Dalam waktu dekat ada belasan ribu pekerja migran atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kembali ke tanah air, dan sedikitnya 16 orang akan mudik ke Lamongan. Meski jumlahnya tak seberapa, namun Pemkab Lamongan sudah mengantisipasi dengan menyiapkan gedung karantina khusus.

Penyiapan gedung karantina untuk para TKI itu memang dilakukan agar bisa disterilisasi dari paparan Covid-19. Nantinya, pemkab akan menyiapkan Rusunawa di Jalan Veteran sebagai tempat isolasi sementara para TKI.

"Dari 14.000 pekerja migran yang akan pulang secara bergelombang karena masa kontrak kerja mereka habis, beberapa di antaranya memang warga Lamongan," kata Kabag Pokoprim Pemkab Lamongan, Arif Bachtiar kepada SURYA, Selasa (27/4/2021).

Dari data Disnakertrans Lamongan, baru sebanyak 16 TKI yang akan dipulangkan dalam waktu dekat ini. Tetapi pemda juga siap mengantisipasi kalau kemungkinan jumlah itu bertambah.

"Ke-16 pekerja asal Lamongan yang pulang itu adalah yang sudah habis masa kontraknya di negara perantauan sehingga kepulangan mereka difasilitasi oleh pemerintah.Yaitu Gedung Rusunawa di Jalan Veteran sebagai sarana karantina," ungkapnya.

Selain tempat karantina, SOP juga dipersiapkan semuanya. Sebelum sampai rumah, para TKI akan langsung dikarantina di Asrama Haji Surabaya dan menjalani tes PCR meski sudah membawa surat tes dari negara asal.

"Kalau hasilnya negatif, akan dikarantina selama dua hari di asrama haji dan dilanjutkan isolasi tiga hari di daerah masing-masing. Dan jika positif akan langsung dirawat di RS lapangan Indrapura," katanya.

Sementara Rusunawa Lamongan disiapkan sebagai lokasi karantina dan hari kelima karantina akan dites PCR lagi. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved