Breaking News:

Berita Sidoarjo

Ada Eskavator di Setiap Kecamatan, Penanganan Banjir di Sidoarjo Lebih Cepat

Tidak perlu menunggu dari Pemkab Sidoarjo, karena pihak kecamatan bisa cepat bertindak ketika dibutuhkan.

surya/m taufik
Sebuah eskavator dengan mengeruk Sungai Karanggayam Sidoarjo beberapa waktu lalu 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO – Rencana Pemkab Sidoarjo melakukan pengadaan eskavator atau alat berat di setiap kecamatan untuk penanganan pendangkalan sungai, mendapat respon positif dari DPRD Sidoarjo. Bahkan dewan menyatakan bahwa usulan itu sudah sejak lama diusulkan.

Pengadaan eskavator di setiap, menurut dewan, dirasa sangat penting. Tujuannya agar penanganan pendangkalan sungai, sampah, dan sebagainya bisa lebih cepat. Tidak perlu menunggu dari Pemkab Sidoarjo, karena pihak kecamatan bisa cepat bertindak ketika dibutuhkan.

“Dan tentunya, itu membutuhkan SDM khusus. Untuk mengoperasikan, perawatan, dan sebagainya,” kata anggota Komisi C DPRD Sidoarjo, Nurhendriyati, Selasa (27/4/2021).

Karena itu, dewan merekomendasikan agar pemkab juga menyiapkan SDM, sembari merencanakan pembelian atau pengadaan alat berat untuk 18 kecamatan di Sidoarjo. Agar ketika alat berat datang, bisa langsung dioperasikan.

“Jangan sampai ada alat beratnya tetapi tidak ada SDM-nya, kan sia-sia. Sehingga pengadaannya harus sepaket, alat dan SDM-nya,” lanjut politisi Partai Nasdem tersebut.

Disampaikan pula, sejak lama dewan sudah mewacanakan pengadaan alat berat untuk 18 kecamatan di Sidoarjo. Termasuk dalam pembahasan APBD 2020 lalu, kalangan legislatif juga sudah menyampaikan usulan tersebut.

Tetapi ketika itu belum ada respon dari Pemkab Sidoarjo. Sehingga usulan pengadaan alat berat dicoret dalam pembahasan APBD. Dan karena sekarang muncul ide pengadaan alat berat dari pemkab, tentu dewan juga meresponnya.

Bukan hanya komisi C, beberapa waktu lalu Komisi A juga sempat mengusulkan hal serupa. Pengadaan alat berat untuk ditempatkan di masing-masing kecamatan agar bisa cepat dalam penanganan sungai di wilayah masing-masing.

Bahkan, waktu itu usulan sempat disampaikan di hadapan para camat. Tetapi para camat mengaku tidak sanggup mengoperasikan jika tanpa ada SDM khusus. Karena itulah, rencana pengadaan eskavator tak kunjung terealisasi.

Sampai beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Sidoarjo Subandi menyebut ingin melakukan pengadaan alat berat untuk semua kecamatan. Rencana itu disampaikan Subandi ketika melihat sejumlah sungai yang mengalami pendangkalan dan beberapa sungai penuh sampah.

Dari sana, perbincangan tentang rencana pengadaan alat berat ini pun berlanjut. Sampai akhirnya mendapat respon dari DPRD Sidoarjo. ****

Penulis: M Taufik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved