Breaking News:

Berita Ngawi

Beras Ngawi Diserap Pemprov DKI Jakarta untuk Suplai Pangan Warga Ibu Kota

Pemprov DKI Jakarta menjalin kerjasama dengan Pemkab Ngawi dan juga kelompok tani Sido Rukun Ngawi terkait serapan beras.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.Tribunnews.com/Fatimatuz Zahro
Pemprov DKI Jakarta akan menyerap hasil panen padi dari kelompok tani Kabupaten Ngawi untuk suplai beras warga ibu kota di DKI Jakarta. 

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | NGAWI - Pemprov DKI Jakarta menjalin kerjasama dengan Pemkab Ngawi dan juga kelompok tani Sido Rukun Ngawi terkait serapan beras.

Pemprov DKI Jakarta akan menyerap hasil panen padi dari kelompok tani Kabupaten Ngawi untuk suplai beras warga ibu kota di DKI Jakarta.

Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Dusun Alas Pecah, Desa Geneng, Kabupaten Ngawi, Minggu (25/4/2021).

Tidak hanya itu, Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya juga turut hadir sebagai pihak yang berkepentingan langsung yang nantinya berperan sebagai standby buyer yang membeli produk panen dari kelompok tani Sido Rukun di Kabupaten Ngawi tersebut.

“Jakarta punya ketergantungan yang tinggi pada produk pertanian dari luar Jakarta. Bagaimana tidak, lahan hijau di Jakarta hanya tersisa 8 persen. Sebanyak 92 persen lahannya sudah berubah jadi gedung dan jalan,” kata Anies.

Untuk itu, agar masyarakat ibu kota bisa mendapatkan kepastian dalam hal pasokan beras untuk pemenuhan kebutuhan pangan, maka Pemprov DKI dan juga melalui PT Food Station Tjipinang Jaya menggelar kesepakatan bersama ini.

Sehingga menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan, dimana masyarakat DKI Jakarta tersuplai berasnya dan kelompok tani Ngawi bisa menemukan pasar untuk hasil panen padinya.

Lebih lanjut ada beberapa item kesepakatan kerjasama yang dijalin dalam kesempatan ini. Pertama yaitu Pemprov DKI akan menyerap hasil panen petani dalam bentuk beras premium dan beras percah kulit.

Selain itu juga ada kerjasama dengan sistem kontrak farming. Dimana akan ada lahan khusus yang disediakan oleh kelompok tani dan Pemkab Ngawi yang nantinya hasilnya khusus untuk dikirim ke PT Food Station Tjipinang Jaya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved