Breaking News:

Berita Jember

Gandeng Mapala Palmastar, PMI Jember Gelar Donor Darah Berhadiah Bibit Tanaman

Donor darah itu digelar oleh PMI Kabupaten Jember bareng Mapala Palmstar IAIN Jember, untuk memperingati Hari Bumi 2021.

foto: unit humas pmi jember
Seorang pendonor menapat bibit tanaman seusai mengikuti donor darah di depan Masjid Jami' Al Baitul Amien Jember, Jumat (23/4/2021). 

Surya.co.id | JEMBER - Berderma darah dapat balasan bibit tanaman. Inilah  dalam kegiatan donor darah di depan Masjid Jami' Al-Baitul Amien Jember, Jumat (23/4/2021) malam.

Donor darah itu digelar oleh PMI Kabupaten Jember bareng Mapala Palmstar IAIN Jember, untuk memperingati Hari Bumi 2021. Donor darah dilakukan usai pelaksanaan Salat Tarawih di masjid besar Kabupaten Jember itu.

Biasanya, usai berdonor, para pendonor mendapatkan makanan ringan dan suvenir dari PMI Jember.

Namun kali ini, ada tambahan hadiah bagi para penderma darah itu, yakni bibit tanaman.

Ratusan bibit tersebut sengaja diberikan oleh Mapala Palmstar IAIN Jember pada pendonor dalam rangka memperingati Hari Bumi 2021, dengan pesan untuk turut menjaga dan melestarikan hutan agar tidak terjadi bencana alam.

"Malam ini sengaja kami berikan 150 bibit tanaman buah yang memiliki batang keras pada setiap pendonor, agar mereka juga ikut menjaga dan melestarikan hutan," ujar Ketua Mapala Palmstar IAIN Jember Ahmad Jakfar Shodik.

Bibit tanaman yang diberikan tersebut setidaknya bisa mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor karena memiliki akar dan batang yang kuat. Bibit tanaman yang diberikan antara lain blimbing, klengkeng, durian, jambu, juga petai.  

Hadiah bibit tanaman itu tentunya membikin para pendonor senang. Sebab, jarang-jarang mereka berdonor dapat bonus gratis bibit tanaman.

"Senang dong, apalagi pemberian bibit ini mengingatkan kita untuk selalu menjaga hutan kita. Selain berdonor juga bentuk kegiatan sosial," ujar seorang pendonor dari Kecamatan Kaliwates, Fitri.

Sementara itu, Ketua PMI Jember EA Zaenal Marzuki,  berterima kasih kepada Mapala Palmstar IAIN Jember yang telah peduli pada pendonor sekaligus mengedukasi masyarakat.

"Sangat bagus dan saya berterima kasih, selain edukasi pada masyarakat untuk melestarikan dan menjaga hutan, kegiatan ini juga mengajak pendonor pemula untuk kemanusiaan," ujarnya.

Dalam layanan donor darah di depan Masjid Al-Baitul Amien itu mendapatkan 42 kantong darah dari target 50 kantong. 

Sebanyak 35 pendonor ditolak setelah dari hasil pemeriksaan memiliki hemoglobin (HB) yang rendah.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved