Breaking News:

Berita Jember

Baru Dua SMA Diizinkan PTM, Bupati Hendy Berharap Sekolah Lain Tiru Penerapan Prokes-nya

Hendy menegaskan, pemantauan itu untuk memastikan sejauh mana prosedur protokol kesehatan diterapkan di sekolah.

surya/sri wahyunik
Bupati Jember Hendy Siswanto mengecek tempat cuci tangan di SMAN 1 Jember, Jumat (23/4/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember terus memantau persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Simulasi pelaksanaan PTM dilakukan di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), juga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Setelah memantau kesiapan PTM tingkat SD dan SMP, Jumat (23/4/2021), Bupati Jember yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Jember memantau persiapan PTM tingkat SMA. Ada dua SMA yang ditinjau yakni SMA Negeri 1 Jember dan SMK Negeri 5 Jember.

Hendy menegaskan, pemantauan itu untuk memastikan sejauh mana prosedur protokol kesehatan diterapkan di sekolah. “Kami harus pantau pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat untuk kesiapan PTM ini. Untuk awal dua sekolah menengah ini, selanjutnya menyusul yang lainnya secara bertahap,” ujar Hendy.

Menurutnya PTM sangat penting, namun peraturan dari Satgas Pusat Penanganan Covid-19 wajib diikuti. Syarat dibolehkannya PTM antara lain izin dari Satgas Penanganan Covid-19, izin dari orangtua, komite sekolah, ketersediaan alat cuci tangan, ada alat pengukur suhu, tempat kesehatan sekolah, juga aturan menjaga jarak bagi peserta didik di kelas.

“Kalau itu dijalankan bersama dan seluruh masyarakat patuh protokol kesehatan, tentunya Covid-19 segera sirna dari Jember,” sambungnya.

Hendy menambahkan, SMAN 1 Jember dan SMKN 5 Jember dalam menerapkan protokol kesehatan sudah bagus. Karenanya keduanya sudah layak melaksanakan PTM. “Dua sekolah yang kami tinjau tadi sudah bagus penerapan protokol kesehatannya. Kedua bisa menjadi contoh untuk sekolah lainnya supaya semua bisa menjalankan PTM,” pungkasnya.

Pemkab Jember belum menggelar PTM secara menyeluruh. PTM hanya digelar di sejumlah sekolah yang sudah melakukan simulasi PTM, juga memenuhi syarat untuk melaksanakan PTM. ****

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved