Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Apotek Online Lifepack Beri Tips Aman bagi Penderita Penyakit Jantung Menjalankan Puasa

Berpuasa wajib dilaksanakan tidak terkecuali bagi penderita penyakit kronis salah satunya penyakit jantung.

foto:Apotek Online Lifepack
Ilustrasi jantung. Apotek Online Lifepack membagi tips aman berpuasa untuk penderita jantung. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Tidak terasa, bulan Ramadan 2021 sudah memasuki hari ke-10. Umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa masih dalam suasana pandemi.

Untuk itu, sepatutnya segala kegiatan keagamaan harus sesuai dengan aturan protokol kesehatan.

Kegiatan berpuasa wajib dilaksanakan tidak terkecuali bagi penderita penyakit kronis salah satunya penyakit jantung.

Namun untuk penderita penyakit kronis tetap diperlukan aturan tepat dan aman agar dapat merasa nyaman dalam menjalankan ibadah puasa.

dr. Amanda Ismoetia, tim dokter apotek online Lifepack.id mengungkapkan, pasien dengan penderita penyakit kronis seperti jantung, harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin menjalani ibadah puasa.

 “Diskusikan dengan dokter apakah kondisi tubuh memungkinkan untuk berpuasa atau tidak, karena penyakit jantung adalah jenis penyakit memiliki risiko tinggi. Pasien penyakit ini biasanya harus minum obat untuk menjaga kondisi tubuhnya," saran dr Amanda.

Serangan jantung secara tiba-tiba apalagi saat rutin menjalankan ibadah puasa, lanjutnya, dapat berakibat fatal bahkan hingga kematian.

Untuk itu, minum obat secara rutin yang telah menjadi bagian wajib dilakukan setiap penderita jantung diharapkan membantu menurunkan risiko kambuh gejala seperti, sesak nafas, serta nyeri di bagian dada.

"Sebagai penyakit paling ditakuti nomor satu di Indonesia, pasien penderita jantung butuh kedisiplinan tinggi untuk menjaga kondisi tubuh,” lanjutnya.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah terus mengalami peningkatan.

Halaman
123
Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved