Breaking News:

Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Kembali Buka Enam Museum, Bisa Jadi Jujugan Liburan dengan Prokes Ketat

Pemerintah Kota Surabaya membuka kembali enam museum yang sebelumnya ditutup selama pandemi Covid-19.

SURYA.CO.ID/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi - Rombongan siswa sekolah berada di Museum Tugu Pahlawan Surabaya, foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka kembali enam museum yang sebelumnya ditutup selama pandemi Covid-19.

Enam museum tersebut diantaranya: Museum Surabaya, Museum W.R. Soepratman, Museum H.O.S. Tjokroaminoto, Museum Dr Soetomo, Museum Pendidikan, Museum Sepuluh Nopember dan area Lapangan Tugu Pahlawan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, pembukaan museum itu sudah dilakukan sejak Selasa (20/4/2021).

Pembukaan museum itu dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 ketat.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, telah membuat beberapa regulasi yang tertuang dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) pembukaan museum tersebut. Misalnya, waktu berkunjung.

“Pembukaan museum yang dikelola oleh pemkot itu sudah kembali beroperasi. Disbudpar sudah membuat SOP, sehingga warga dapat berkunjung kembali,” kata Febri, Kamis (22/4/2021).

Dia menjelaskan, untuk mekanisme warga yang hendak berkunjung memesan tiket secara online. Yakni, melalui laman https://tiketwisata.surabaya.go.id.

Di website tersebut, pengunjung dapat memilih waktu yang telah ditentukan oleh petugas. Misalnya seperti Museum Surabaya, buka setiap Selasa – Minggu pukul 09.00 – 14.00 WIB.

Selama jam museum beroperasi, terbagi menjadi beberapa sesi. Dalam setiap sesi, pengunjung yang dapat masuk terdiri dari 30 orang dengan durasi selama 30 menit. Di sela perpindahan jam pengunjung, petugas selalu menyemprot area dengan disinfektan.

"Jadi diusahakan semaksimal mungkin tetap steril. Tidak lupa pula pengunjung yang masuk pun juga diukur suhu tubuh dan wajib mengenakan masker,” ungkap dia.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved