Breaking News:

Berita Lamongan

'Berbuat Dosa' Saat Warga Shalat Tarawih, Dua Pemuda Lamongan Rayakan Lebaran di Penjara

Keduanya beraksi, Selasa (20/4/2021) saat rumah ditinggal WA untuk shalat Tarawih berjamaah di masjid

surya/hanif manshuri
Dua tersangka pembobolan rumah warga Lamongan, ditahan di Polres Lamongan, Kamis (22/4/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Indahnya bulan suci Ramadhan bakal diakhiri dua pemuda, RHA (23) dan MAS (18), dengan berlebaran di penjara. Kedua warga Desa Bulumargi, Kecamatan Babat Lamongan itu kena getahnya lantaran memanfaatkan kelengahan masyarakat yang sedang shalat Tarawih berjamaah, dengan menyantroni salah satu rumah warga.

Perbuatan 'dosa' itu dilakukan RHA dan MAS dengan membobol rumah seorang WA (35), ibu muda yang masih satu desa. "Keduanya ditangkap berikut barang buktinya, " kata Subbag Humas Polres Lamongan, Iptu Estu Kwindardi, Kamis (22/4/2021).

Sebelum beraksi, dua pelaku lebih dahulu mempelajari dan memetakan rumah korban WA. Keduanya beraksi, Selasa (20/4/2021) saat rumah ditinggal WA untuk shalat Tarawih berjamaah di masjid desa setempat.

Pelaku tidak masuk melalui pintu atau jendela depan, namun pintu belakang rumah korban dengan alat pengungkit. Berhasil masuk, kemudian keduanya dengan leluasa mengacak-acak isi rumah korban.

Pelaku membawa kabur tas ransel milik korban yang berisi sejumlah barang berharga dan dokumen-dokumen di antaranya 1 buku tabungan Bank Jatim, 1 buah laptop merk Acer, 2 STNK sepeda motor, 2 buku tabungan Bank BRI dan Bank Daerah serta 3 buah flashdisk.

Sementara korban mengetahui rumahnya dibobol maling, setelah ia mendapati pintu belakang terbuka. Curiga dengan kondisi dalam rumahnya yang porak poranda, korban mencari ras ransel miliknya. Benar, tas itu hilang dan kejadiannya dilaporkan ke Polsek Babat.

Berbekal laporan korban, anggota Reskrim Polsek Babat melakukan pengembangan penyelidikan, dan berhasil mengetahui jejak pelaku. Penyelidikan ymengerucut ke nama dua pemuda tersebut. "Keduanya ditangkap sebelum bisa menikmati hasil curiannya, " kata Estu.

Pelaku ditangkap sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tanpa bisa melakukan perlawanan apapun dan digelandang ke Polsek Babat untuk menjalani pemeriksaan. Dua pelaku sudah mengakui semua perbuatannya.

Kini penyidik masih mengembangkan pemeriksaan, apakah sebelumnya sudah pernah melakukan aksi serupa atau tidak. Keduanya kini ditahan di Polsek Babat, dan akan merayakan Idul Fitri 1442 H di dalam sel tahanan. ****

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved