Breaking News:

Berita Lamongan

Takut Tak Bisa Pulang Kampung Saat Lebaran, Belasan TKI Asal Lamongan Curi Start Mudik Lebih Awal

Data Disnakertrans Lamongan menyebutkan, sudah ada 15 TKI asal Lamongan yang sudah kembali ke kampung halaman atau mudik.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Ilustrasi - TKI Lamongan dari Malaysia saat mudik beberapa waktu lalu 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Para TKI dan para perantauan asal Lamongan di luar negeri yang tidak ingin terhalang pulang kampung karena larangan mudik Lebaran 2021 di masa pandemi Covid-19, mereka mengawali terbang untuk tiba di tanah air.

Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lamongan menyebutkan, sudah ada 15 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lamongan yang sudah kembali ke kampung halaman atau mudik.

"Data Disnakertrans Lamongan, sudah ada 15 TKI asal Lamongan yang sudah pulang kampung sejak Januari 2021 lalu," kata Kabag Prokopim Pemkab Lamongan, Arif Bachtiar saat dikonfirmasi SURYA.CO.ID, Selasa (20/4/2021).

Ke 15 TKI, kata Arif, berasal dari berbagai kecamatan di Lamongan.

Menurutnya, ke 15 TKI asal Lamongan tersebut dari Kecamatan Karang Binangun, Sukorame, Sugio, Deket, Sukodadi dan Kedungpring masing-masing 1 orang TKI, dari Kecamatan Bluluk 3 orang, Kecamatan Kalitengah, Brondong dan Solokuro masing-masing 2 orang.

Arif juga menyebutkan, ke 15 TKI yang sudah pulang ini aman dan tidak terjangkit virus Covid-19 dari negara tempat mereka bekerja.

"Semuanya masih aman dan tidak terjangkit virus Covid-19 dari negara tempat mereka bekerja," ujarnya.

Sebelum kembali ke daerah asal, lanjut Arif, seluruh TKI sudah menjalani karantina di wisma atlet.

Setibanya di daerah masing-masing, imbuh Arif, TKI ini juga langsung diperiksa tim satgas Covid-19 baik dari kabupaten maupun kecamatan.

"SE Satgas tentang pembatasan perjalanan internasional masih berlaku, di antaranya terkait wajib PCR, karantina 5x24 jam dan usai karantina tetap tes PCR lagi," ungkapnya.

Arif menginformasikan, Rabu (21/4/2021) besok, dijadwalkan akan ada 9 TKI asal Lamongan lagi yang akan pulang kampung.

Hanya saja, aku Arif, pihaknya belum mengetahui di mana alamat 9 TKI tersebut.

"Mereka sebelumnya sudah menjalani karantina dan pulang sebelum Menaker mengeluarkan kebijakan larangan mudik 2021 ke Pekerja Migran Indonesia (PMI/TKI)," ungkapnya.

Sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah mengeluarkan kebijakan larangan mudik 2021 ke Pekerja Migran Indonesia (PMI/TKI).

Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 yang berpotensi meningkat karena mobilitas masyarakat, khususnya pekerja/buruh swasta dan TKI.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved