Breaking News:

Berita Lamongan

Bupati Yes Jelaskan Makna Kejayaan-Berkeadilan usai Pengesahan RPJMD Lamongan 2021-2026

Sementara Ketua DPRD Lamongan, Abdul Ghofur mengapresiasi pencapaian dan penghargaan yang telah diperoleh Yuhronur sebagai Bupati Lamongan

surya/hanif manshuri
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dan Wabup KH ABdul Rouf menyepakati dokumen RPJMD 2021-2026 yang diketok di DPRD setempat, Selasa (20/4/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Bagaimana arah pembangunan Lamongan lima tahun ke depan telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 yang telah digedok di DPRD setempat, Selasa (20/4/2021).

Dalam paparannya, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi menjelaskan fokus dari rancangan awal RPJMD Lamongan sesuai visi misi yang diusungnya saat kampanye. Yaitu terwujudnya kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

Yuhronur mengapresiasi anggota DPRD Lamongan yang telah menyetujui dan menandatangani RPJMD.
Ia pun menguraikan bahwa kejayaan Lamongan adalah suatu kondisi terwujudnya Lamongan sebagai daerah yang unggul dan maju, sejahtera lahir batin, terdepan dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sumber daya manusia, di Jawa Timur.

Sedangkan berkeadilan adalah suatu kondisi semakin merata pelaksanaan pembangunan dan kondisi sosial ekonomi masyarakat di Lamongan. Serta semakin menurunnya ketimpangan antar wilayah.

Berkeadilan juga bermakna keberpihakan untuk melindungi dan membina masyarakat yang secara ekonomi dan sosial yang secara kategori memerlukan perhatian lebih dengan kehadiran pemerintah daerah.

“Visi RPJMD Lamongan Tahun 2021-2026 adalah terwujudnya kejayaan Lamongan yang berkeadilan, sementara itu lima misinya yakni mewujudkan kemandirian ekonomi melalui optimalisasi potensi unggulan daerah, " tegasnya.

Dengan mewujudkan SDM unggul, urai Yuhronur, Lamongan akan mampu berdaya saing dan berahklak responsif terhadap perubahan zaman, serta mewujudkan infrastruktur handal dan berkeadilan yang berwawasan lingkungan.

Ditambahkan pula, misi selanjutnya adalah mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang sejahtera, religius berbudaya, aktif dalam pembangunan, serta lingkungan yang aman dan tentram.

"Serta menghadirkan tata kelola pemerintahan yang dinamis, serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas sebagai upaya optimalisasi reformasi birokrasi," urai Pak Yes, sapaan Yuhronur.

Misi dan visi tersebut kemudian tertuang dalam 11 program prioritas yang menjadi acuan dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

Diungkapkan Pak Yes, ke-11 program tersebut yakni program pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, infrastruktur, pertanian dan perikanan, UMKM, pemuda dan olahraga, pariwisata, pelayanan publik, sosial kesejahteraan dan pembangunan desa.

"Adapun tahapan demi tahapan dalam penyusunan rancangan awal RPJMD telah dilaksanakan sesuai undang-undang yang berlaku," tambahnya.

Sementara Ketua DPRD Lamongan, Abdul Ghofur mengapresiasi pencapaian dan penghargaan yang telah diperoleh Yuhronur sebagai Bupati Lamongan. Ghofur berharap eksekutif turut memperhatikan rekomendasi terkait beberapa potensi daerah yang perlu diakomodir, seperti bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta bidang-bidang lainnya.

“Dari hasil pembahasan, saya berharap dalam rancangan akhir RPJMD nanti, eksekutif memperhatikan saran dan rekomendasi DPRD. Terkait beberapa potensi daerah yang perlu diakomodir, seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta bidang-bidang lainnya untuk disesuaikan, " ujar Ghofur yang menambahkan bahwa selanjutnya rancangan awal RPJMD itu akan disampaikan kepada Gubernur Jatim. ****

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved