Breaking News:

Berita Surabaya

Anggota Dewan Apresiasi Pemkot Surabaya Buka Layanan Kependudukan hingga Level Kelurahan 

Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Josiah Michael mengapresiasi layanan administrasi kependudukan (Adminduk) hingga level kelurahan.

surya.co.id/nuraini faiq
Josiah Michael, anggota Komisi A DPRD Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Josiah Michael mengapresiasi layanan administrasi kependudukan  (Adminduk) hingga level kelurahan.

Kini mengurus dokumen kependudukan tidak perlu jauh-jauh ke mal pelayanan publik di tengah kota, Gedung Siola.

Ada 18 layanan adminduk yang bisa dilayani di kelurahan atau kecamatan. Bahkan kini Pemkot Surabaya juga menyempurnakan layanan kependudukan itu bersinergi dengan PN Surabaya. 

"PN ini telah bekerja sama dengan Dispenduk. Pada saat perlu penetapan pengadilan kini tak perlu repot-repot ikut sudah. Sidang penetapan bisa dilaksanakan di kecamatan," kata Josiah, Selasa (20/4/2021).

Ada 18 layanan penetapan adminsuk yang selama ini harus digelar di PN. Antara lain, perubahan biodata akibat perbedaan data pada NIK ganda, perubahan nama pada akta kelahiran, perubahan jenis kelamin pada akta kelahiran.

Kemudian perubahan tempat tanggal lahir pada akta kelahiran, perubahan nama orang tua pada akta kelahiran, perubahan nama pada akta kematian, perubahan nama pada akta perkawinan. 

Lalu perubahan nama pada akta perceraian, pengangkatan anak, pengesahan anak, dan pengakuan anak. Perubahan nama pada akta pengesahan anak, perubahan nama pada akta pengangkatan anak.

Lantas, perubahan nama pada akta pengakuan anak, perkawinan yang dilakukan antar umat beragama yang berbeda, akta kematian bagi seorang yang tidak jelas karena hilang/mati tetapi tidak ditemukan jenazah.

Juga pencatatan kematian yang tidak memiliki dokumen kependudukan dan atau keterangan kematian, dan permohonan orang yang sama.

Pemkot mengintegrasikan sistemnya dengan PN Surabaya untuk memudahkan 18 jenis program layanan tersebut.

Sejak 19 April kemarin sudah berjalan.  Administrasi kependudukan yang bisa dilayani di tingkat kelurahan dan kecamatan per 19 April 2021. 

"Pelayanan seperti ini lah yang mendukung terciptanya good governance system. Mengandalkan kecepatan, efisiensi dan kemudahan proses. Ini lah yang diinginkan masyarakat kita yakni tidak perlu ribet-ribet dalam mengurus hasil penetapan peradilan," kata Josiah. 

Dia mengingatkan akan ketersediaan serta kesiapan SDM, kepastian jadwal sidang pemohon di kecamatan apakah harus menunggu kuota pemohon atau ada jadwal rutin sidang, serta kecepatan hasil pelayanan harus benar-benar terjamin.

Josiah yang juga Ketua BPP DPRD Surabaya berharap masyarakat makin dipermudah.

Warga yang berdomisili dari ujung Surabaya tak lagi harus jauh-jauh ke PN maupun Siola untuk mengurus dokumen adminduk.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved