Breaking News:

Berita Jember

18 Tahun Semai Toleransi ke Umat Muslim Jember, WKRI Kembali Bagikan Makanan Berbuka Gratis

Tetapi di bulan Ramadan 1442 Hijriyah tahun 2021 ini, kegiatan berbagi kasih WKRI sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya

surya/sri wahyunik
Warga mengambil nasi bungkus gratis untuk berbuka puasa yang disediakan WKRI Jember di Warung Kasih, Selasa (20/4/2021) 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Toleransi sebagai pondasi kerukunan sosial di Indonesia, bisa terlihat dari apa yang dilakukan Wanita Katholik Republik Indonesia (WKRI) Kabupaten Jember selama 18 tahun terakhir. Khusus di bulan Ramadhan, WKRI kembali berbagi kasih dan toleransi dengan menyediakan makanan berbuka puasa gratis untuk umat Muslim.

Tetapi di bulan Ramadan 1442 Hijriyah tahun 2021 ini, kegiatan berbagi kasih WKRI sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, penyediaan makanan berbuka puasa itu bertajuk 'Warung Murah'.

Disebut Warung Murah, karena warga bisa menebus murah makanan seharga Rp 2.000 atau Rp 2.500 per porsi, plus minuman segar, seperti teh manis atau es buah.

"Sekarang karena pandemi, kami tidak lagi menggelar Warung Murah, namun kami menggantinya dengan nama Warung Kasih. Sebab makanan yang kami sediakan saat ini gratis, tidak lagi membeli dengan harga murah seperti tahun sebelumnya," ujar Ketua WKRI Jember Valentina Indarti kepada SURYA, Selasa (20/4/2021).

Warung Kasih tersebut mulai digelar Senin (19/4/2021), dan akan dilakukan sampai Bulan Ramadhan usai. Makanan gratis untuk berbuka puasa itu disediakan setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. Tempatnya di halaman sisi utara Klinik Pratama Pantisiwi Jember, di Jl Kartini.

Valentina kembali menegaskan, tahun ini, makanan itu disediakan secara gratis. Karenanya, makanan dihidangkan dengan cara dibungkus.

"Makanan kami bungkus, dan warga langsung mengambil sendiri. Jika biasanya sebelum pandemi, kami siapkan di piring begitu, terus ada minuman seperti es teh atau teh manis. Warga membeli murah," ujarnya.

Pada Ramadan tahun 2020, kegiatan itu tidak dilakukan karena ketika itu, masih awal pandemi Covid-19. Kegiatan penyediaan makanan untuk berbuka puasa digantikan dengan penyediaan sembako.

Banyak orang mempertanyakan kegiatan tersebut, sehingga akhirnya kegiatan rutin itu kembali digelar. Bedanya, tahun ini, makanan dibungkus dan diberikan secara gratis. Makanan gratis bagi umat Muslim yang hendak berbuka puasa itu merupakan sumbangan dari warga Katholik di Jember yang dikoordinasikan oleh WKRI.

"Kegiatan ini sudah berjalan selama 18 tahun. Kami ingin berbagi rezeki, sebagai bentuk tabungan kami di akhirat. Juga untuk menjaga kerukunan antar umat beragama," tutur Valentina.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved