Breaking News:

Hikmah Ramadan 2021

Dr Sukadiono Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Jatim: Ramadhan dan Intelegensia Sosial

Salah satu faedah dan manfaat ibadah puasa yaitu bagaimana menempatkan dirinya dalam mengarungi hidup dan kehidupan di muka bumi ini.

Editor: Parmin
Foto: istimewa
Dr. dr. Sukadiono, MM, Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Jawa Timur dan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya.  

Oleh | Dr dr Sukadiono, MM, Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Jatim

BULAN  ramadhan yang kita peringati setiap tahunnya selalu mengundang suka cita diantara antar-umat muslim.

Baik karena ibadah selama bulan ramadhan dilakukan dengan menjalankan puasa (siyam) dari pagi sampai saat berbuka di waktu maghrib dilanjut ibadah tadarus Al-Qur’an dan shalat sunnah di malam hari (qiyam), infak dan zaqat, serta berbagai macam aktivitas positif lainnya yang bertujuan mengharapkan keridlhaan dari Allah SWT.

Selain itu momentum ramadhan merupakan momentum dalam memperkuat karakter diri.

Mengapa memperkuat karakter diri menjadi penting, karena pasca-ramadhan, dimana saat kita memasuki bulan syawal, kita kembali menjadi pribadi yang suci.

Namun, ujian justru dihadapi manakala kita melewati bulan ramadhan. Bagaimana menjadi pribadi dengan karakter yang islami, menjadi pribadi yang berbeda selama 11 bulan setelah ramadhan.

Salah satu faedah dan manfaat ibadah puasa yaitu bagaimana menempatkan dirinya dalam mengarungi hidup dan kehidupan di muka bumi ini yang selalu diawasi dan dilihat oleh sang kholiq.

Dengan berpuasa tidak ada yang tahu kecuali dirinya dengan Allah SWT, orang yang tidak berpuasa tetapi pura-pura berpuasa, maka orang lain tidak akan tahu kecuali ada yang menyaksikan dan dipertontonkan bahwa yang bersangkutan tidak berpuasa.

Dengan begitu, menjalani 11 bulan setelah puasa, kepribadian sesorang sudah terbentuk bahwa semua perbuatan dan prilaku kita ada yang melihat dan mengawasi sehingga untuk berbuat tidak jujur.

Menjalankan perintah agama yang tertuang dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah secara kontekstual merupakan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved